Sep 5, 2008

move out and try something new

ahay... Uni life went perfectly fineeeee.. Kuliah dan tinggal di malang ga semalang yg gw kira. It's nice for me to have A LOT of new friends. And it's extremely wonderful to move out from my comfort zone.
Urusan sekolah, gw emang selalu keluar kandang. SD gw di budi luhur ciledug. Kelas 6 waktu dimana gw lagi seneng2nya maen sama temen2 gw, lagi ngerasain eksis2nya di sekolah dan sekitarnya, tiba2 smp gw DANG... Pindah ke daerah kebon jeruk. Padahal ada SMP budi luhur dan temen2 gw kebanyakan smp nya di bl lagi. Tapi karena gw keterima di negeri jadi gw mesti keluar dari comfort zone gw itu. SMP gw di 75 kebon jeruk dan cuma ada 3 orang dari SD gw yg masuk 75. Gw, bas, nandi. Ga ada yg gw kenal deket. Tapi nyatanya gw bisa survive 3 tahun di situ dan gw bisa tau sedikit tentang 'dunia' pas gw sekolah di sana. Dari adelita, gw kenal internet dan prambors dan cowo dan lagu2 yg tidak memalukan dan hidup hedon dan kenakalan. Bener2 tuh anak top bgt dah. Di 75 mulai kenal juga sama yg namanya b-boys, teman2 yg 'sakit' dan kasih tak sampai. hahaha.. Jiji abis. SMP masih begitu2 aja lah yaa. Nothing special. Masih special-an pas jaman2 sd. Tapi Jakarta barat udah jadi comfort zone gw waktu itu.

Dan yak, pas sma gw keterima di SMA 6 Mahakam. Keluarlah (lagi) gw dari so-called-my-another-comfort-zone. Di SMA lebih parah lagi. Yg masuk 6 dari smp gw cuma 2orang, fitri sama gw. Tapi si Fitri kena kasus dan kelas 1 semester 2 dia pindah. Bener2 ga ada temen waktu itu. Kalo ditanya smp dimana, pas gw jawab di 75, seringnya orang2 pada clueless dimana 75 itu. Yaaaa wajar 75 di jakbar, 6 jaksel, dan yg masuk 6 emang banyakan dari selatan. Dan persis seperti yg gw kira, 6 = sekolah gaul (baca : sangat gaul). hahaha.. Awal masuk 6 adalah penyesalan karna nilai gw ga cukup buat masuk 70. Tapi sekarang, sumpah demi Tuhan, gw ga pernah sekalipun nyesel (lagi) pernah sekolah di 6. Sama sekali engga nyesel. Di 6 bener2 gw bisa dapetin semua. Dari teman, sahabat, teaser(s), masalah2, kebersamaan, kegaulan ke-up-to-date-an, kepetualangan, kenekatan, kesenangan dan SEMUA.

Masa SMA masa yg paling indah. Bener. Masa indah di SMA itu ga selalu identik dengan keeksisan dan keapalahituan. Masa indah bisa diciptain sendiri sekalipun sama orang2 yg 'invisible'. Banyak cara bikin hidup SMA jadi indah. Gw, temen2 gw itu bukan gor eksis atau tr eksis atau netral eksis. Tapi masa SMA kita perfectly beautiful. Padahal gw ga punya temen di hari2 awal jadi anak SMA. Asal cinta sama sekolahnya dulu, pasti bisa nyiptain keindahan di kehidupan SMA. Ada temen gw, dia baru kelas 2 SMA. Saking bencinya dan nyeselnya masuk SMA nya yg sekarang, dia ga pernah sekalipun turun ke kantin atau ikut2 kegiatan sana sini. Padahal pas smp dia cenderung eksis.. haha.. Itulah. Dia ga berani buat keluar dari comfort zone nya.

Lanjut... Jelas sudah, Jakarta, temen2 sma, kehidupan sma adalah comfort zone buat gw beberapa bulan yg lalu. Dan pengumuman snmptn ngebuat gw nangis seharian. Karna gw mesti ninggalin my extremely-comfort zone. Sekarang gw lagi mulai untuk membangun my new comfort zone. Udah hampir sebulan gw di Malang dan gw ga pernah ngerasa sedih pas kuliah. Ga pernah ngerasa nyesel ketika gw ngambil keputusan buat pindah ke malang, kota yg bener2 unexpected bgt buat gw. Kuliah, cari temen sebanyak2nya kalo perlu dari fakultas lain, cari kenalan senior2, cari dan ikutin aktivitas2 di kampus dan hasilnya sekarang udah hampir ga pernah gw nangis gara2 homesick. Gw ga pernah lagi punya pikiran negatif sama kota baru gw ini. Dulu gw pikir, ga ada yg bisa bikin gw ketawa lepas kecuali temen2 SMA gw. Nyatanya engga. Temen2 di bastra gw semua ga ada yg 'waras' dan selaluuu berhasil put a smile on my face. Dan yaa, gw belom ngerasa salah jurusan.. Setelah tes toefl pertama, kelas diacak dan diurut berdasarkan hasil tes. Dan gw masuk di kelas yang katanya 'the most excellent class for this semester'.

Kalo SMP gw masih di ciledug, mungkin SMA gw bakal di ciledug juga dan kuliah gw bakal di sekitar ciledug. Karena pikiran gw ga bakal berkembang dan yg gw bakal tau cuma ciledug ciledug dan ciledug. Moving out of your comfort zone can be embarrassing, frightening, painful, traumatic. But it is probably the single most important step we can make change, when we must take on a new way of life, make new friends, learn a new language, etc. It's absolutely fun, if we think it wil be fun.

See, ternyata banyak hal keren yg bisa kita dapet if we move out from our comfort zone. Gw sekarang ga takut lagi buat keluar dari comfort zone, ninggalin rasa nyaman gw for my own-growth and well-being, and for the growth and well being of others.

"Move out of your comfort zone. You can only grow if you are willing to feel awkward and uncomfortable when you try something new." Brian Tracy