Dec 27, 2008

natal yg bukan natal

Selama kuliah di Brawijaya, gw tinggal di rumah nenek gw yg mungkin selanjutnya akan gw sebut pain house. Natal yg bukan natal. These words perfectly reflect how did my christmas go by. Setiap tahun gw emang selalu ngerayain natal di sini. Tapi tahun ini beda dari taun2 lalu. Amat sangat tidak natal.

Ga ada pohon natal. Kue2 natal pun baru ada tgl 25 siangnya. Ga ada kumpul2 keluarga besar kayak tahun2 lalu. Sebelumnya ga ada lagu2 natal yg diperdengarkan, sampe satu waktu gw mencoba buat ngehidupin semangat natal di pain house ini dengan nyalain radio yg kebetulan juga saluran radio itu punya gereja gw. Jadilah ada sedikit (banget) suasana natal di pain house itu, walaupun pada akhirnya radio dimatikan adek gw krn dianggap tidak ada yg mendengarkan. Sms2 ucapan natal pun gw sebar ke semua teman2 seiman. Ini ga pernah gw lakuin tahun2 sebelumnya. Ini gw lakuin semata2 ingin mendapatkan sms balesan yg bisa ngebangunin semangat natal gw. Kado natal sih dapet, tapi itu hanya sarana buat meminta sesuatu yg hampir mustahil gw rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan sesuatu itu. Kebaktian natal di gereja pun, keluarga gw cuma ngikutin sampe firman selesai dibacakan. Ga ada penyalaan lilin. Bahkan firman yg tumben sedikit itu, ga gw perhatikan.

Nenek gw opname, itulah kenapa kita ga ikut kebaktian sampe selesai. Pakde gw sibuk jadi panitia natal. Pakde satu lagi udah dipanggil Tuhan. Tante gw yg di Batam ga bisa dateng karena dia udah jadi ibu gembala.

Makna natal sendiri pun sebenarnya ga bisa digambarkan dengan adanya hal2 yg tadi gw sebutkan. Makna natal ada di hati kita. Merayakan lahirnya Tuhan Yesus ga perlu dengan kemewahan karena Tuhan Yesus lahir, hidup, dan mati pun tidak pernah dalam kemewahan. Lewatnya hari natal gw tahun ini yang sesederhana itu pun harusnya masih bisa gw syukuri kalo dibandingkan dengan teman2 seiman di jalanan yg jarang bisa menikmati suasana natal yg penuh kue natal dan kemewahan lainnya. Sayangnya, buat ngerasain semangat natal pun gw harus dipancing dengan hal2 'mewah' itu. Dan jadilah cerita personal ini.



Lastly, happy belated christmas, all. May God will always bless you.