Aug 11, 2009

JOGJAKARTA

I'm back. Those laboring days of hard work (pimnas) finally paid off with a spectacular holiday. JOGJAKARTA's fantastic!!

Jadi ceritanya dari jaman dahulu kala kita uda punya impian buat backpacking ke jogja rame2. Rencana paling awaaaaaal bgt, yg ikut backpacking sampe 11 orang. Eh udah deket hari H, berguguran satu persatu karena masalah finansial yg ga ada persiapan sama sekali dan hanya menyisakan 3 orang wanita kece saja yg dari awal tahun uda siap dengan celengan ayamnya :)) -> gw, ussi, vira

Setelah berhasil menguatkan hati buat mecahin celengan ayam tersayang, kita berangkat tgl 28 juli yg notabene adalah hari ulangtaun vira yg ke DUAPULUH. What an age! HAPPY HAPPIEST 20TH BIRTHDAY VIRA HONEY BUNNY SWEETY :) Jadi siang2nya kita berkaraoke dulu (atal, ussi, vira, nisa, samid, kiki, berto, rizal) di nav dieng lalu nunggu travel di rumah nisa. Ditemenin berto, samid, kiki, nisa sampe jam 8 malem. Pas mau berangkat rasanya sedihhhhhhhhhhhhh gila. hahaha lebay. Sedih aja gt, lagi ngobrol sengobrol2nya terus tiba2 travel dateng dan kita pergi :(

(29/7) Nyampe jogja jam 5 subuh and thx to vira. Kakak pertama inilah yg jadi seksi sibuk dari bookingin travel sampe hotel Duta Wisata 2, paling semangat packing dan prepare segala sesuatu, yg bawa baju sampe 14 biji dan obat2an segala macem. Top abisssss! Beda bgt sama gw, ussi yg baru packing 12jam sebelum berangkat :D

Nyampe jogja ga bisa tedor. Kebanyakan tedor di travel. Jadilah kita nyusun rencana mau ke mana aja 4 hari di jogja. Jam 7an si vira dijemput abang buat pacaran. Gw ussi pacaran sama tukang soto sulung. Ngeek. Kita jalan nyari makan dan dapet warung soto sulung dan harganya hmmmm sebuah permulaan yg buruk untuk makan di jogja. Nemu halte trans jogja dan dgn penuh kesotoyan, kita berdua naik dan sok2 nanya tempat apa aja yg bagus dikunjungi di jogja ini. Langsung deh dijelasin panjang lebar, kita mesti ke mana, naik trans jogja yg mana, turun di shelter mana, segala macem. ahahaha gooooood. Dari shelter situ kita ke malioboro dan OH MALIOBORO, tujuan utama gw di jogja ini. Maksud gw ke jogja kan shopping gelang dan malioboro memberi saya kepuasan itu. Halah. Keliling satu puteran terus janjian sama vira di shelter malioboro 1. Vira makan, jalan lagi sampe malioboro 2 terus off to prambanan deh. YAY. Hari pertama susunan acara uda padat bener.

Nyampe prambanan adalah tepar. Jalan dari shelter trans jogja ke pintu masuk adalah jauh aja deh. Di dalem ternyata candi2 itu lagi dipugar dan sumpah PANAAAAAASNYA GILAAAAAAA.. Di sana sampe jam 2an terus balik lagi ke hotel. Tepar. Tidur. Jam 6 sore siap2 lagi ke malioboro mau ketemu belaaa..

Makan malem di malioboro dan sumpah mahal bagi ukuran turis miskin macam kita -.- Ketemu bela, belanja lagi, dan mendadak foto2 menjadi sangat penting selama di jogja. Jalan selangkah, foto. Jalan dikit, foto. Jalan merangkak, foto. Ngesot, foto. ahahaha.. Di malioboro sampe jam 9an dan kita nyaris ketinggalan trans jogja jam terakhir buat balik ke hotel. Untungnya ga. Tadinya uda terbayang naik becak ber4 atau jalan kaki 101.356m. huhu..

(30/7) Dimulai dengan ke stasiun tugu, beli tiket pulang ke jkt. Btw, ussi akhirnya memutuskan ke jkt. Makan deket stasiun dan harganya azeeeek di dompet. Rencananya mau ke borobudur tapi batal. Malah jadi tur sejarah. Tujuan pertama: benteng yg di malioboro itu. Ngeliatin diorama2 yg sumpah keren abis tapi pliss ya tempat diorama2nya dipajang itu horror bgt -.-

Keluar benteng langsung diserbu becak yg memberi paket2 menarik: benteng-keraton-taman sari-benteng 10ribu perak. Mbecaklah kita bertiga. Entah beratnya seperti apa.

Ke keraton cuma begitu2 aja. Dilarang pake topi dan guide yang tadinya dengan senang hati mau meng-guide-kan kita ujung2nya malah ninggal kita. Mungkin tau kalo ga bakal dibayar ;P

Nyampe taman sari langsung diintilin guide yg beralibi 'sini saya fotoin' yg akhirnya malah ngikutin, ngejelasin semua tentang taman sari dan ujung2nya kita di suruh bayar 15ribu per orang. Gila. Ingat, kita adalah turis miskin -.- Eh tapi sumpah deh taman sari jaman dulu kyanya terdengar begitu indah sekali di bayangan. Beda bgt sama sekarang yg kanan kiri padat rumah penduduk.

Dari taman sari dianterin pak becak ke pabrik bakpia 25 dengan paksaan halus dan beli lah kita. Padahal rencana beli bakpia adalah hari ke 3. Abis itu balik ke benteng lagi and off to hoteeeeeel. Capek gila.

Jam 7an malem siap2 lagi buat nyari makan malem. Waktu di malang, samid pernah ngasih referensi tempat makan, namanya angkringan yg murahnya gila2an. Terus pas lagi naik trans jogja, terlihatlah sebuah rumah makan sebelah Novotel hotel bertuliskan 'angkringan' gede bgt. Jadilah malem itu kita ke situ, makan, dan harganya beda bgt sama gambarannya samid. Setelah ditelusuri, yg dimaksud dengan angkringan yg dimaksud samid adalah tempat makan di kaki lima yg bukanya tengah malem. Horeeee, kita emang paling pinter deeeh nyari tempat makan mahal :p Nunggu malem, kita foto goblok2an depan kamar hotel. Foto ngikutin gaya wahyu, gaya si itu, gaya si ini, dan paling oke adalah foto gaya rocker a la gw :p

(31/7) Diputuskanlah kita ke borobudur. Nyarapan di kaki lima karena dompet semakin tipis dan ternyata di kaki lima itu harganya tetep bukan ukuran dompet kita. Maklum soalnya kaki lima XXI, jadi ya mahal2 aja T.T Ke borobudur naek trans jogja sampe shelter jombor dan ketemu turis dr medan. Naek bis yg ke borobudur, sebis lg sama turis medan. Borobudur. Gw pertama kali ke sana dan sumpah, keren yaaa.. Tapi ko banyak kepala2 budha yg ilang yaa -.- Dicuri apa emang begitu? Heran deh, di sana kebanyakan turis asingnya. Mana turis domestiknyaaa?

Pulang dr borobudur sebis lagi sama turis medan. Wo o, apakah ini jodoh. Satu trans jogja LAGI tapi akhirnya pisah di shelter condong catur :(

Sampe hotel jam 5an sore. Jam 8an keluar cari makan dan makan di gudeg kayu. Hari ini adalah hari terakhir yg dipuas2in. Kita hari ini makan 3x sehari, ga kya hari2 kemaren yg cuma 2x sehari. hahahaha kesian dengernya. Malemnya, sodara2 ussi yg di jogja ngumpul semua di hotel kita dan jadilah rame. Ahoy.. Malem kita sibuk packing, kereta besok jam 8 pagi. Hore pulaaaaang!

(1/8) Pagi2 jam 6 ke Saphir Hotel nemenin ussi yg mau ketemuan sama temen belgianya yg dulu pernah ikut AFS dan belajar setahun di SMA 9 Malang. Hore.

Jam 7 mbecak ke stasiun tugu dan abang becaknya kesiaaaaaaaaaan sampe ngos2an parah. Jam 8 teng kereta berangkat. Ussi and I were off to Jkt meninggalkan vira yg hendak melanjutkan liburan di jogjanya bersama abang.

Nice holiday, everyone. Goodbye Jogjakarta and welcome the Jakarta :)