Aug 7, 2009

Reportase Pimnas 2009 oleh L.O. Konsumsi

aaaaaaa I have a ton to write. Dari jaman2nya pimnas waktu itu gw uda mau posting tapi ga pernah sempet. Well, gw putuskan buat bikin short recap tentang pimnas -> buat catetan pribadi aja, siapa tau 10 taun lagi gw kawin sama juri pimnas :p

Apa itu pimnas?
Pimnas singkatan dari PIMpinan NASional (ini perkiraan asal adek2 gw sebelum mereka tau dari gw). Pimnas sama dengan (=) Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Pesertanya adalah yg merasa masih berpredikat mahasiswa dari seluruh indonesia (yg lulus seleksi proposal tentunya). Fyi, kelompok gw termasuk satu diantara 13ribu yg ngajuin proposal looooh tapi makasih bgt, GA LOLOS. Pimnas diadain setahun sekali dan tahun ini lagi jatahnya universitas brawijaya. Acaranya dari tgl 21-24 Juli 2009.

Bagaimana gw bisa jadi panitia?
Satu, karna proposal gw ga lolos (masih ga rela). Dua, karna jadi pengangguran selama liburan. Tiga, karna mau nemenin ussi yg diberi wejangan oleh ibunya untuk menjerat hati anak FK UI selama jadi panitia pimnas (taelah menjerat hati :p). Intinya ada open recruitment di fakultas gw, gw sm ussi daftar, pas technical meeting baru tau kalo kita dijadiin panitia konsumsi yg kerjanya full dari hari pertama sampe terakhir. Yaampun makasih bgt..

Apa saja acaranya?
Ada lomba makan kerupuk, balap karung, pindah belut, bawa gundu, dan masukin paku ke dalam botol. Yaaah menurut lo aja dah pekan ILMIAH mahasiswa nasional kayak gimana..

Bagaimanakah peran panitia konsumsi dalam pimnas?
Oh jelas sudah konsumsi sangat penting. Ada pepatah mengatakan, you are what you eat. Jadi konsumsi memegang peran sangat penting dalam acara ini. Tsaaaaaaaaaaah gelo kata2 gw.

Bagaimanakah teknisnya?
Oke, gw akan bikin reportase pimnas 2009 dari mata seorang panitia konsumsi.

(21/7) Ini hari kelam para panitia konsumsi karna menurut rapat2 sebelum pimnas, kita dijanjikan akan ada IBU2 DHARMA WANITA yg membantu selama hari H. Tapi tidak terlihat di hari pertama. Tugas kita hari 1 adalah dari pagi sampe agak sore memberi makan semua mahasiswa2 yg lagi melakukan registrasi. Hore, banyak bgt sampe makanannya kurang. Misscom sana sini, masalah makannya sekali atau dua kali dsb. Tapi yg lalu biarlah berlalu. Ada peserta nyamperin gw ussi nanyain tempat jual bakso malang, setelah ngobrol2 ternyata sodara2, dia anak IPB yg rumahnya di CILEDUG juga mameeen. wakakak.. Dunia selebar daun kelor, prenk. Malemnya tugas di welcoming party (tugas makan). Waaaa heran sama gazebo yg dipake buat welcoming party. Belom 100% jadi tapi tiba2 udah disulap jadi megah banget. b a n g e t. Apakah ini yg disebut dengan do judge a book by its cover? Hmmmm paling abis welcoming party pembangunannya ga diterusin -.-

(22/7) Peserta2 pimnas itu nginepnya di asrama brawijaya dan asrama uin. Gw kebagian bagiin makan di uin. Jam 6 pagi nyampe sana (harusnya), tapi berhubung gw ini nebeng ussi, jadi taulah apa yg terjadi.



Abis dari uin langsung ke rektorat makan pagi. Jadi panitia pimnas hidupnya terjamin. 3x makan, 2x snack, bisa ambil kopi teh sesuka perut pula :)). Abis rektorat, tugas di sakri bagiin snack pagi di opening ceremony dan sumpaaah rotinya enaaaaaak :p. Abis itu tugas di FK bagiin makan buat peserta PKM-T sama PKM-P. T:Teknologi & P:Penelitian. Agak2 rebek jg sih soalnya ambil makan pake sistim kupon. Banyak peserta yg kuponnya ketinggalan dan sumpah peserta gondrong dari unhas sangaaaaaaaaar abis T.T. Pada sore jam 6 nya cabs lagi ke uin buat bagi makan malem dan sumpaaaaah capeknya gilaaaa. Btw kucing di uin gendut2, bersih2 dan terlihat sekali pemalasnya, bahkan untuk mengeong saja malas. Ada satu kucing yg beruntung jadi maenan gw sm ussi selama di uin. Kucingnya belagu abis dah. Gendut banget, item putih, kalo dipegang nyakar dan ngeong sok galak. Jadi gw megang sm ngelusnya pake sepatu orang buat tameng. Kadang2 suka gw toyor pake sepatu terus buntutnya ditindih pake hp. Brutal memang. Membunuh rasa capek dan bosan. Abis uin lalu ke rektorat buat evaluasi dan pulangnya bawa kardus isi makanan2 sisa. HAHAHAHA.. Cinta bgt dah jadi panitia konsumsi.

(23/7) Kerjaannya sama. Tapi agak lebih santai soalnya peserta2 berkurang sedikit demi sedikit. Selesai tugas di fk masih bisa liat pameran2. Pas di uin maenan kucing tapi tiba2 ada mahasiswi2 uin pemburu kucing. Kucing2nya dipancing pake makanan terus ditangkep pake tong sampah gueeeeede terus ditutup karung lalu dikloning. Kagak lah ya. Dapet 2 kucing dan ditangkep buat dijadiin percobaan. Hanya Tuhan dan mereka yg tau bagaimana nasib kucing belagu itu sekarang.

(24/7) Pagi2 masih di uin dan ada sedikit polemik antara mas yg disebut mas joko dgn ibu2 dharma wanita yg tugas di uin. Masalah jumlah makanan lah biasa. Polemik itu menghasilkan isak tangis dr ibu dharma wanita. Siangnya semua tugas di pameran poster di perpus sampe jam 2an terus tugas lagi jam 6 sore. Gapnya dipake buat ngintilin gebetannya ussi anak surakarta dan foto2 bareng bersama berbagai macam warna jaket almamater.



Wow bgt dah. Jam 6 balik lagi ke kampus dan bertugas (tugas makan) di closing ceremony. Menurut hasil polling yg dibacain di closing ceremony, SEMUA (juri&peserta) puas dengan konsumsi. Horeee. Gw ga ngikutin closing sampe selese tapi yg gw tau keesokan harinya, UNIVERSITAS BRAWIJAYA MENJADI JUARA UMUM PIMNAS 2009. kewl. Dua tahun berturut2. CONGRATULATION! A big, proud smile goes to you all..


Well, tahun ini gw emang jadi panitia tapi tahun depan gw ussi bertekad buat lolos jadi PESERTA pimnas. Amen.

Terus 2 hari setelah pimnas kita diundang makan2 di rumahnya ibu rektor secara yang jadi ketua panitia konsumsi pimnas kan bu rektor tuh. Gila mantep.






Tinggal nunggu gaji turun aja nih. YAY!