Sep 24, 2009

Different Sides of Cities

Can't actually believe my life here has been running for more than ONE year, still counting. Kurang lebih 3 tahun lagi gw akan masih terus tetap di sini, di kota Malang ini. I hate this city when I got home, yet I really do love this city when I had my campus friend around me. After more than one year of living here, I am able to observe the differentiated between Jkt and Mlg. Sounds like I'm genius, right?

Come to think of it. Firstly, truth be told, kalo di Jkt, buat muasin hasrat ngopi mungkin lo akan milih starbucks, coffee bean dan coffee shop semacemnya buat dikunjungin. Entah buat gengsi2an atau emang bener suka. Kalo di Mlg, jujur, ga ada starbucks dan semacemnya. Ada sih coffee shop kayak coffee corner, coffee time atau coffeeshop2 di mall. Tapi kalo gw pribadi lebih milih tempat ngopi yg didiriin dadakan tiap malem di pinggir jalan, lesehan, remang2 (loh?). Nothing special sebenernya. Banyak tukang ngamen, malah kadang kopinya suka kemanisan. Kalo lg gap kelas, gw sm temen2 sukanya ngopi di Eni, warung kecil di belakang SOB, jual berbagai macam minuman ringan dan mie sbg makanannya, buka 24 jam tapi ga punya kursi meja buat duduk bahkan lahan buat duduk lesehannya pun terbatas. Lesehannya cuma beralaskan tiker yg bagian atas bawahnya ga bisa dibedain, tempat buat ngegelar tiker terbatas, kalo malem lg rame mungkin aja lo akan ngegelar tiker di dpn pager rumah orang. But hey, I actually enjoy every single seconds when I spent my time there, with my friends of course. Main uno, poker, brainstorming, bikin rencana liburan, ngomongin orang, nyelesein masalah, I've always enjoyed spending time there. Ga ada gengsi atau apalah itu namanya. Yg gw rasain cuma kenyamanan..

Secondly, gw seneng karna mlg ga punya banyak mall. Bisa diitung. Malang Town Square, Mal Olympic Garden, Dieng Plaza, Sarinah, Malang Plaza, ada yg belom kesebut? Bahkan mall yg paling bagus di Malang pun ga bisa nyamain Bintaro Plaza yg menurut pandangan basbin, BP tuh uda jd mall yg paling nggeletek dan berubah jadi mall of alay. Jadi bisa dikatakan dgn sedikitnya jumlah mall yg ada di mlg ini, org2 mlg diajarkan untuk tidak sekonsumtif orang jkt which is itu menurut gw. Tapi ada benernya juga sih. Kalo gw di jkt atau orang2 jkt lainnya lagi dihadapkan pada situasi liburan gini, larinya ke mana? Pasti mall.



PIM, GI, FX, PS, Sency, Plangi, EX, MOI, Pacific Place, hahah ga keitunglah. Berapa kali ke PIM selama liburan jangan ditanya deh. Ke PIM paling cuma buat makan, jalan2 muterin PIM1 PIM2, kadang2 belanja tapi lebih sering nonton sm ngiter2nya. Sejak di sini gw mengalihfungsikan mall. Bukan buat tempat hangout lagi. Gw ke mall cuma buat nonton dan belanja bulanan. Alasan pertama, jujur karena mall2nya emang ga semenarik di jkt. Kedua, karena malang punya tempat2 keren buat hangout selain di mall. Tempat2 keren seperti kampus, rumah ussi, rumah kiki, rumah gw, rumah tsubud, rumah berto. Sekali lagi, yg gw temuin di tempat2 itu adalah. Kenyamanan.

Thirdly, kalo liburan pasti ada hari di mana kita ngabisin waktu sama temen2 ke tempat wisata. Well, kalo di jkt ada buaaaaaaanyak tempat pilihan. Puncak, Bandung, Bogor, Ancol.




Monas, TMII, museum2, ragunan gitu pasti uda ga masuk itungan kan? Kalo dufan, jangan ditanya deh berapa kali ke sana selama liburan. Kalo dibandingin sama Jkt, Mlg ga ada apa2nya. Selama gw di sini pun gw cuma pernah ke Coban Rondo, Agrowisata Kusuma, BNS, Jatim Park, Kebun Teh Lawang, dan Taman Dayu.








Lo bisa dapetin tempat2 kayak gitu di sekitaran Jkt bahkan byk yg lebih bagus. Tapi gw cukup puas dgn tempat2 wisata di sini. Karena gw cuma butuh waktu kurang dr sejam buat nyampe di tempat itu. Kalo ke dufan dari rumah gw di ciledug bs ngabisin waktu 2 jam. Sedangkan dari ke Malang ke Batu (batu itu kalo diandai2 kayak puncak) cuma butuh waktu setengah jam. Dan murahnya juga ga nahan. 40ribu dapet tiket terusan Jatim Park. 450ribu uda bisa buat nyewa villa di Songgoriti, bahkan 150ribu katanya uda bisa buat rafting. Sekali lagi, yg gw dapetin adalah kenyamanan. Tapi gw tetep cinta dufan ko dibanding Jatim Park atau BNS dan belom ada yg bisa nandingin mantepnya rafting di sungai Citarik :P




Fourthly, ada satu punya Mlg yg belom bisa ditandingin Jkt. Malang punya satu event besar tiap taun yg judulnya Malang Tempo Doeloe. Kalo di Jkt mungkin kayak Kemang Festival, konsepnya ada bazaar juga. Tapi di MTD ini beda karna ada peraturan tidak tertulis, dresscode dr acara ini adalah baju2 jadul dan yg dijual di bazaar juga barang2 dan makanan tempo dulu. Acara2nya juga serba tempo dulu. Panggung Koes Plus, wayang dsb. Dan kasarnya, lo bisa ketemu satu orang Mlg di acara ini. Karena hampir semua orang Mlg pasti ke sini. Well, di sini gw ga nemuin kenyamanan soalnya penuh sesak dgn manusia2. Tapi orang Malang pasti bangga punya MTD.


Lastly, the people. Honestly, I never do judge people by their appearance. Temen2 gw di Jkt kalo ngeliat orang pake kaos yg printnya asal dgn kata2 asal bahkan kadang kata2 berbahasa inggris dgn grammar ngaco, pasti mereka sebut orang itu alay, masteng, mbakteng dan semacemnya. Terus kalo ada yg disms sama orang yg tulisannya gede kecil, banyak ukiran, banyak istilah2 aneh, kya gini : Hi, 9y n94z? NiYh nUmbz qu. . disèv yäch. . kiptkünt. ., pasti udah mencak2 dan heboh nge-alay-in orang itu. Ada orang denger peter pan, kangen band, ST12 dan semacemnya itu pasti langsung dicap kampung, alay dan sebangsanya itu.

Kadang gw ngerasa temen2 gw atau bahkan gw sendiri pun ga penting untuk ngotak2in orang berdasarkan apa yg dia pake, apa yg dia tulis, apa yg dia lakuin, apa yg dia denger. Bahkan banyak orang yg suka nge-judge orang alay ga sadar kalo dirinya itu udah cukup alay dan kampungan dgn ngomongin dan ngata2in orang yg di anggap alay itu sama temen2nya lewat plurk, fb, notes, twitter atau blog. Stop lah ngotak2in orang. Biarin mereka berekspresi dgn cara mereka sendiri. Kalo menurut lo, cara lo nulis sms, selera musik lo, selera fashion lo uda paling bener, yaudah ga perlu kan meng-alay2-kan orang lain. Mind your own bussiness only!

Dan beruntungnya temen2 gw di sini ga ada yg ngerti artinya alay. Ga ada yg mengkotak2an temen. Semuanya bertemen ga didasarin dgn cara sms, selera musik, selera fashion dan lain2nya itu. Jujur, pergaulan di sini ga kalah parah kayak di jkt, smoke drink drugs sex. Bahkan beberapa temen deket gw ya kayak gitu itu idupnya. Tapi gw oke2 aja because they always treat other people good lately. Susah seneng bareng2 dan sumpah setia kawannya bener2 gede banget.

Dan soal bahasa. Temen2 gw di Jkt sering ngejadiin bahasa jawa atau orang yg ngomongnya medok jd bahan tawaan. Dan sekali lagi, ga penting woy ngotak2in orang dr bahasa yg dipake. Coba tanya orang jakarta yg kayak gitu, pasti ga ada bahasa daerah yg mereka bisa kuasain kecuali bahasa slangnya Jkt. Dari situ udah keliatan, nasionalisme mereka cuma sebatas saat kebudayaan kita diambil Malaysia atau pada saat teroris ngebom di Indonesia. haha.. Grow up, please.. Me myself start to adapt with Javanese language here. Well yeah I still speak with my Jkt comfy accent anyhow. Tapi seengak2nya gw ga ngotak2in orang berdasarkan hal2 yg sumpah ga penting itu.

Bukannya mau ngejelek2in orang. Tapi gw cuma pengen speak out tentang orang2 macam gini yg sering bgt gw temuin di jkt. Lo bilang kampungan. Seengga2nya hidup di kampung itu lebih tenang (dari plurknya enad).

No matter what, Jkt still become my best. Cuma di Jakarta hasrat nonton live music gw terpenuhi :)


Malang, kota kecil di mana menurut ussi dr kampus ke alun2 naujubila jauhnya. Padahal itu kayak jarak dari Blok M plaza ke Taman Puring. Malang, kota kecil di mana lo pasti bisa ketemu sama temen2 lo secara kebetulan di berbagai tempat di Malang ini. Malang. Jakarta. They have their own uniques. Their bad. Their good. Bahkan macetnya Jkt pun bisa bikin gw kangen. Dinginnya Malang bisa bikin gw sangat menikmati udara super panasnya Jakarta.

I never regret my decision for continuing my study here. I am able to realize just how my life has directed me through such up-and-downs road to happiness. Different people, different background, different language sometimes really make my day :D

All the best for you guys :)