Mar 13, 2010

organization? experienced it!

hohoho I really miss to find myself writing something in this blog. Well, life is so nice to me lately. I have chance to have job interview in Diery! distro and interview for AIESEC's new member (an organization in Faculty of Economy which deals with youth exchange and leadership thingy).

The thing is I accepted to be one of Diery!'s employee and the feedback from the interviewer in AISEC interview was just greaaaaat :)

Sebelum semua keberuntungan itu berlangsung, sebenernya gw sempet despret karena satu hal. Gw tertarik buat ikut youth exchange ke Canada (programnya PCMI JATIM). Gw udah bikin segala essay,ngelist strength dan weakness gw, dan nyelesein semua itu dalam 3 hari. Bayangkan seberapa niatnya gw. Tapi percuma jg sebenernya, soalnya yg bs daftar program ini adalah orang2 yang punya KTP jatim. Dan saya bukan termasuk dari orang2 itu dan malesss ye ngurus surat pindah buat bikin KTP. Fak bukan?

Akhirnya gw cobalah semua tawaran2 yg ada. Lowongan di Diery! bahkan gw taunya dari ussi. Sorry to say, kita apply berdua tapi yg keterima malah gw. huhu maaf yaa ussi. CV yg gw kasih ke Diery! sebenernya standard. Tapi pas interview, entah kenapa gw merasa sangat sangat PD dan memegang prinsip 'nothing to lose' dgn kuat. Begitu juga pas interview AIESEC.

Inti dari 2 wawancara itu sebenernya satu. Apakah lo orang yg punya banyak pengalaman di organisasi? If yes, you are very welcomed!

Dan essay yg gagal gw kirim itu pun ngebawa berkat jg buat gw. Di dua interview itu amat sangat ditanyakan kelebihan dan kekurangan gw. Pas bikin essay itu, gw sempet ngelist kelebihan sm kekurangan gw dan itu ngebuat gw amat sangat tidak terlalu berpikir lama pas ditanya ttg itu di interview.

Dan emang ga bisa boong jg ya, gw berkembang bgt krn organisasi2 yg pernah gw ikutin selama ini. Public speaking dan personal approach gw lumayan jd ok krn organisasi. The point is my involvement in any organization is bring quality in my life!!

Gw. Jujur dulu gw sangat excited pas dijadiin pengurus di PMK (persekutuan mahasiswa kristen) di kampus gw. Tapi semakin dijalanin malah semakin jenuh dan males gila2an. Dulu semester 2&3, gw mikirnya mendingan maen sm temen2 drpd ikut rapat yg naujubila lamanya. Ternyata baru sekarang gw ngerasa beruntung banget disibukkin sm PMK. Maen dan seneng2 sm temen2 tuh bs tahan sampe kapan sih kalo temennya itu2 aja, tiap hari ketemu, sekelas dan pasti ada saatnya di mana semua sibuk sama kegiatan masing2. Ternyata bener, semester 4 semakin sedikit kegiatan bermain2 kita dan puji Tuhan gw ga se-hopeless itu. Gw punya PMK dan gw punya jadwal rapat yg paling bentar itu selesenya 3 jam. Mantep kan? Setidak2nya hari di mana kita rapat itu jadi hari yg gw tunggu2 akhir2 ini.

Gw sangat sngat belajar banyak di PMK. Sebenernya ga PMK aja organisasi yg bs bikin lo berkembang. Tapi kebetulan gw aktifnya di PMK. Sumpah demi apapun dulu gw amat sangat tidak suka sharing tentang pendapat gw di depan orang banyak. Tapi lama2 gw diyakinkan kalo semua pendapat orang itu pasti akan dihargai. Dan yak sekarang gw ga peduli pendapat gw segaring dan senaif apapun, yg penting dikeluarkan dulu. Bahkan ide2 tidak jelas yang sifatnya cuma nyampah pun jg gw keluarin :p

Terus masalah personal approach. Satu kesuksesan terbesar gw dalam mem-PA orang adalah pas gw jd pengurus di PMK ini. Intinya gw sukses mem-PA temen gw yang dulunya ngedrugs, ngerokok sampe sekarang dia udah ga kayak gitu lagi dan sekarang dia rajin ikut kegiatan2 PMK. Mungkin dia sekarang tidak menjadi orang yg sudah benar di hadapan Tuhan, tapi seengganya hidup dia itu lebih baik dari sebelumnya.

Ga cuma pengalaman di PMK jg sih, pengalaman jadi repro Provoke! Magazine dan jd panitia pensi jg jadi nilai plus gw di dua interview itu. Karena seengga2nya gw ga buta2 bgt tentang marketing case, event organizer atau kegiatan mencari2 sponsor.

Pelajaran yg gw bisa ambil cuma satu. Gabung di organisasi itu sangat sangat sangat penting menurut gw. Karena gw dapet pelajaran lebih banyak di sektor informal daripada di sektor formal (baca: sekolah). Apalagi masih muda2 gini, masih berstatus mahasiswa. Kan kuliah itu pasti ga satu hari full. Rugilah kalo ga gabung di organisasi2 di kampus.

Ayo sibukkan diri sendiri di organisasi :)

Btw, gw nulis ini sambil kerja loh, percaya ga percaya ya, kerja di Diery! enaaaaaak. Karyawan cuma 4 biji, 3 cowo dan gw cewe sendiri. Satu shift sendiri2, lamanya 4 jam, satu minggu 2 hari off. Jadwalnya fleksibel, kalo ga pas tinggal tukeran sm yg laen. Lo kerjanya tinggal nonton tv dan duduk di kursi super empuk sambil nunggu customer. Kalo ada customer, tinggal nyalain cd player dan berdiri di belakang meja kasir. Menyenangkan bukan?

Well, i hope i can manage my time well for all these activities. Semoga tidak bosen juga, abis kerjanya nonton tv terus :p