May 22, 2010

The Thing

Kepengurusan PMK Philadelphia 2009-2010 bakal berakhir bulan depan, but i will still become its member (again) for the full next year period.

One important thing you have to know is I become candidate for FIB's coordinator for the next period. I even could not believe when Ezer told me so. Siapa gw. Gw masih kalah jauh dlm kemampuan memimpin dibanding calon2 ketua yg lain. Gw yg merasa ga pernah mimpin orang, gw yg dalam forum2 masih keseringan idem, wajar lah kalo nganggep omongannya ezer bercanda. Dalam 3 hari, gw emang mengiyakan keputusan tim kecil ini, tapi gw masih harus berminggu2 ngeyakinin diri gw sendiri kalo gw bisa.

Gw orang yg dependable bgt ini harus tanya sana sini, tanya pendapat temen2 gw apakah gw bisa atau ga. Dan jawaban mereka sama: gw pasti bisa. Kecuali wahyu sih, dia bilang kalo gw bisa. Bisa ngatur duit tapi, bukan mimpin. Truth be told, emang pendapat wahyu yg paling bener. But Edu keep on convincing me by his own way.
"Kamu itu orang yg optimis bukan? Udah, ga usah ngelist2 hal2 negatif dari kamu. Tim kecil udah kasih kepercayaan ke kamu dan kamu cuma perlu mikir kalo kamu bisa. Spekulasi2 burukmu ga usah dipikirin lah.."
Itu baru part 1. Part 2 nya :
"Aku tau kamu pasti bisa tal. Seorang Atal yg rapuh, seorang Atal yg gampang nangis, seorang Atal yg gampang ga percaya diri cuma perlu nyari BPH yg tepat buat ngecover kamu selama kamu jd pemimpin. Selebihnya kamu bisa."
Gw bingung dia belajar ngomong dari siapa. Tapi apapun semua yg dia omongin sangat sangat sangat meyakinkan gw sampe akhirnya hati gw mantep. Toh akan ada Edu, Ezer yg pasti ngemong gw. Akan ada orang2 baru di kepengurusan gw nantinya yg pasti akan nolong gw. Gw ga sendiri.

Well, sebelum resmi pergantian pengurus, calon2 pengurus 2010-2011 kan mesti ngikutin pembekalan tiap sabtu selama 6 minggu dari awal bulan mei kemaren. A lot of things i learned during 4 saturdays of pembekalan. Anyway, thing is my mind's been terribly striked by pembekalan's theme this day: Time Management in Organization. Bang Berman, pembicaranya, sangat sangat sangat menekankan kalo pelayanan itu membutuhkan pengorbanan.

Gw nyoba flashback ke awal gw memulai pelayanan di phils. Gw ini kurang bersyukur sebenernya. Satu tahun ini gw dikasih berkat yg luar biasa sama Tuhan. Gw jadi pengurus phils, bs tetep dpt ip tinggi dgn sejibun kegiatan gw, keterima AIESEC, dapet part time di diery, dan pastinya tinggal sama keluarga yg bener2 meratiin gw. Itu semua a.nu.ge.rah.

Kalo dievaluasi selama satu taun ini, gw belom bisa me-manage semua itu dgn baik. Ok, pelayanan gw di phils lancar. Ok, kerja part time gw mulus. Ok, ip gw bagus. Ok, gw keterima jadi AIESECer. TAPI relasi gw sama keluarga gw di sini ANCUR. Gw nganggep mereka semua membatasi kegiatan gw. Padahal ya wajar sih mereka ngelarang gw pulang malem, ngelarang nambah kegiatan2 baru lg, soalnya dr 24 jam yg gw punya, gw cuma punya waktu sedikit di rumah. Dan entah kenapa omongannya bang Berman ko bener2 jleb bgt,
"Kalo pelayananmu lancar, tapi hubungan sama keluargamu rusak, pelayananmu belom bisa dikatakan berhasil."
Dan itulah hasil evaluasi gw. Keluarga. Taun ini gw harus berhasil juga ngebangun relasi baik dgn keluarga gw di Malang.

And I sudadenly wonder what things i will sacrifice during the next one year period of kepengurusan phils.

Satu yang pasti, part time di diery akan gw lepas mulai bulan juni depan dan tidak akan apply part time di manapun selama satu tahun ke depan. Hasrat gw buat jadi panitia ospek selama 3 taun berturut2 juga harus gw pikirin ulang. Gw pasti akan sibuk dgn penyambutan maba phils dan tidak ada waktu buat menambah sertifikat di kepanitiaan PK2MABA taun ini. Gw sebenernya mampu aja double job, tapi gw tau kapasitas gw lah. Kalo double job, nanti yg dikorbanin itu waktu sm keluarga dan ujung2nya ribut lg.

Niat buat jadi member aktif AIESEC yg paling ga mencapai level leadership juga masih dipertanyakan. Gw tau, gw diterima jadi AIESECer itu pake usaha, pake interview, group discussion, dan pas gw berhasil jd member, gw jg punya komitmen di AIESEC buat berkontribusi. haha kindly tidak rela kalo yg ini jg dikorbanin. I really hope, I won't have to.

The next period of kepengurusan phils will start on next month and i can't exactly say that i'm not worried about it. I really hope everything will go as planned. I really can't wait for camp regenerasi.