Sep 9, 2013

Jawa Timur Park 2: Museum Satwa & Batu Secret Zoo

Jadiii tanggal 28 Agustus kemaren di mana tepat 2 tahun 9 bulannya gw sama Kochan, kita celebrate dengan piknik ke Jatim Park 2! Anyway, 28 Agustus tahun lalu itu pas banget kita mulai LDR loh.. Thank God dibulan ke 11 no more LDR. Jadi piknik ini juga celebrate ketidak LDR-an gw sama kochan juga lah ya.. Haha ga penting X)

Jatim Park 2 ini letaknya di Oro-oro Ombo - Kota Wisata Batu, 30 menit aja dari Malang. Dibangunnya udah lama sih, sekitar tahun 2010 kalo ga salah. Terus Jatim Park 2 itu isinya ada 3 tempat piknik yang horeee banget dalam satu komplek: Museum Satwa, Batu Secret Zoo, & Eco Green Park. Sebenernya dulu itu gw pernah ke Museum Satwa. Waktu sebelum Batu Secret Zoo sama Eco Green Park dibangun. Ironisnya, saat itu gw tidak merasakan keistimewaan yang sangat2 dari Museum Satwa haha.. Rencana awal gw sama Kochan juga sebenernya ke Eco Green Park doang tadinya. Soalnya itu yang paling baru gresss baru dibangun diantara 3 tempat itu. Eh tapii setelah gw browsing2, masa ada yang bilang Batu Secret Zoo itu bagusnya lebih dari Singapore Zoo. Secara gw tergila2 sama Singapore Zoo, penasaran dong gw sama kedahsyatan Batu Secret Zoo. Setelah tanya temen-temen yang pernah ngejelajahin Jatim Park 2, I found a fact that 2 tempat itu bisa dijelajahin bener2 kalo dateng dari pagi terus pulang pas mau tutup karena emang luasssssssnya pake banget. Jadilahhh 28 Agustus kemaren kita beli tiket terusan Batu Secret Zoo sama Museum Satwa doang, Eco Green Parknya bulan depan aja lah yaa.. Tiket terusan weekday cuma Rp.65.000! Kalo weekend Rp.110.000 aja (masih mahalan Dufan!). Gile yaa, kualitas ok punya, tapi harga bener2 merakyat! Top! Kita nyampe sana bener2 jam 10 teng pas mereka buka! Bener2 siap lahir batin deh buat ngejelajahin Jatim Park 2 ;)

Soooo, let the journey begins! Mulai dari.....


MUSEUM SATWA

Ini tampak depannya Museum Satwa. Sebelas:duabelas lah ya sama White House ;)

Replika Dino family!!! Kalo malem tyranosaurusnya lari2 keliling museum kali ya kayak di Night at The Museum :D

Buaya Muara dan Buaya Darat!! ;)

Welcome to Insectarium.. Isinya berbagai macam serangga dan gw ga terlalu suka ngeliatnya sih.. Jijik aja gitu sama kelabang, bugs, dan sebagainya. kecuali kupu2 sih ;)

Biyutifulll! Gw gatau deh ini kupu2 yang disiram air keras apa kupu2 buatan. Tapi katanya sih koleksi binatang2 yang ada di Museum Satwa ini kebanyakan binatang2 asli yang dikagetin terus disiram sama air keras.

Diorama Cheetah! Isinya Museum Satwa itu sebagian besar diorama-diorama yangg kalo diliat2 kayak benerannnnn. Ini cheetahnya lagi ngejar burung unta kalo ga salah.

Nasib jalan2 cuma berdua itu adalah ga ada yang fotoin T.T Tripod buat hp pun setengah mati nyarinya. Ini semua fotonya pake kameranya Acro S yang katanya 12 MP ituuuu.. Tapi hasilnya bener2 mengecewakan. Entah software kameranya yang kacau atau lensanya yang abal2 T.T

The thing is semuaaaaaa koleksi ikannya Museum Satwa kagak ada yang beneran hahaha..

Fave animal!! Tapi diorama penguinnya ga selucu foto-foto yang bertebaran di internet T.T

Diorama yang ini epic banget lohhhh! Polar Bear! Banyak warning yang ga ngebolehin nyentuh si polar. Padahal fluffy banget gitu minta dipeluk2 terus bawa pulang jadi temen bobo :p

In my opinion sih, ini mungkin jadi salah satu museum ter-epic di Indonesia, Baru satu2nya kali ya yang punya koleksi satwa air keras terlengkap di Indo. Karena tempatnya cukup luas, jadi konsentrasi massa bisa terpecah ke semua ruangan. Tapi kalo datengnya pas weekday sih bisa nikmatin museum ini serasa punya pribadi. Sepiiii broh!


BATU SECRET ZOO

Batu Secret Zoo ini tempatnya sebelahan sama Museum Satwa. Jalan 50 langkah lah. Oh iya, yang di tengah2 itu yang diatas tulisan "LOKET" itu Pohon Inn, hotelnya Jatim Park 2. Bentuknya macam pohon gitu lah sesuai namanya. Like the common zoo hotel, banyak kamar di hotel ini yang viewnya ke zoo.

And this! Kandang burung yang jadi pembukanya Batu Secret Zoo. Eh, diorama pertama di Museum Satwa itu juga sangkar burung super gede loh. Karena abis dari Museum Satwa, jadi bawaanya semua yang ada di sangkar itu kayak satwa air keras haha.. Padahal mah ini burungnya hidup semua.

Di Museum Satwa ini banyak banget hewan2 yang ga biasa. Ada satu lorong isinya semua monyet. tapi monyetnya beda-beda. Mungkin ini terlihat seperti monyet. Tapi ini bukan cuma monyet doang namanya. Monyet yang punya nama ilmiah panjanglah for sure! 

Yang ini gatau namanya apaaa.. haha tapi lucu aja gituu makanannya kayak kambing. Gw ngiterin Batu Secret Zoo itu sekitar jam 11an dan semuaaaaaa hewan di sini kebanyakan lagi pada makan -_-

Prairie dog! Ini satu hewan yang lumayan aktif lah lari-lari. Lucuuuuuu.. Semacam hamster raksasa gitu tingkahnya haha.. Terus di information boardnya itu ternyata si prairie dog ini habitatnya masih banyak dan ga termasuk hewan langka. Bikin pengen pecahin kacanya terus bawa pulang satu!

Ini otter! Hobinya teriak2. Gatau deh mungkin dia lagi merasa insecure. DIa teriak2 ga berhenti2. Kesiann..

Nahhhh, buat yang suka ikan, harus kudu menikmati section Aquariumnya Batu Secret Zoo. Terus ketemu starfish dehhh :)

Ikannya semacam ikan laut semuaaa.. Keren2 warnanyaaa :))

Harimau di Batu Secret Zoo sehat2! Tapi kandangnya rada serem juga sihh.. Lumayan deket jaraknya sama tempat berdiri visitornya. Masukin jari ke lubang2 itu bisa ilang kayaknya jarinya ;)

Flamingo!! Yang biasanya cuma bisa diliat di wallpaper2, tivi2, di sinii ternyata ada lautan flamingooo!

Savannah section! Welcome to Africa :D

Ini nih isinya savannah. Satu lorong yang nanjak terus ditutupin sama kaca2 dan isinya semua hewan dari Africa. Arsitekturnya Batu Secret Zoo ini amazing sekalihhhh loh. Semua kandang hewan bisa diliat dari bebagai angle. Kalo di sini kita liat hewan2nya dari samping kan, terus nanti ada satu track di mana kita bisa liat hewan2 yang sama dari atas.. Hampir semua kandang di sini multiangle!

Tuh kannn lagi pada makan -_-

Kalo ga makan ya leyehann kayak gini T.T  Saran dehhhh, kalo mau ke Batu Secret Zoo jangan pas jam makan siang yaaa ;)

Meerkat!!! Teringat Ice Age deh. Tapi kurang banyak sih. Satu kandang ini isinya cuma 3 bijii..

Ini katanya bisa foto sama burung2 yang berjejer di kayu2 ituuu, tapi penjaganya ga ada yang nawarin T.T

Miserable elephant T.T udah kecil, cuma sendirian di kandang segeda gaban..

Fantasy Land!!! Ini semacam Dufan mini lah.. And the thing is...It's free!! :D

Ini wahana pertama yang kita naikin: animal farming. Jad ada kereta yang isinya 3 gerbong gitu yang bakal jalan ke kandang2 hewan dan kita bisa kasih makan dari tangan sendiri :D Makanannya sayur2an sama apel malang! Satu cup itu harganya Rp.10.000 ajaa.

aaaakkkkkkkkkkkkk..

hihihih Alpacanya semacam puasssssss :D

And this turned into the most effin crazy moment!! Jadi kita masuk ke kandang unta. Tapi ini unta2nya agresiffff sekaleeeee.. Kalo hewan2 yang lain kan nunggu dikasih makan di samping kereta aja tuh. Kalo unta2 ini mentang2 badannya gede, mereka masukin kepalanya ke dalem kereta nyariin makanan :D Rada horor juga sihhhh takut diludahin.. Unta kan sukanya ngeludah kann? -_-

Ini kuda poni minii, bogel, you name it! Setiap kandang yang kita datengin kan ada pagar pembatasnya. Pagernya itu cuma dibuka kalo keretanya lewat. Nah, kuda poni yang ini agak tricky juga. Dia kayaknya udah hafal kebiasaan pagernya, jadi dia nungguin depan pager aja gituu. Pas pagernya dibuka karena kereta mau masuk ke kandang kuda ini, doi kabur deh ke kandang unta. Terjadilah perkejaran antara supir kereta sama kuda bogel ini hihihi..

Haunted house! Kayaknya ini wajib ada ya di mana2 ;) Dalemnya ya seperti rumah hantu lainnya lahh.. Tapi agak beda aja soalnya ada hantu kepala tyranosaurus. LOL!

Ini animal shownya Batu Secret Zoo. Yang gw tonton sih katanya bukan show benerannya, cuma latihan. Pertama yang tampil itu pelikan. Dia bisa muter2 gitu berenangnya sesuai arahan trainernya.

Show yang kedua anjing laut! Nahhh dua binatang ini lah bintangnyaaaaa! Tapi semakin lama gw nontonin mereka itu semakin kasian, semakin mikir pasti mereka dilatih pake kekerasan deh buat show some unique movements for the sake of food, for the sake of entertainment. Sedih sih! I promise myself to not watch any animal show next time. Semoga banyak orang yang ngerasain kesedihan yang sama. 'Till there is no one interesting to this anymore dan semua macam bentuk animal show ditiadakan, lalu semua hewan bisa hidup tenang bahagia :"

Ini dua wahana yang lumayannn memicu adrenalin. Yang paling depan itu tsunami.. Semacam Tornadonya Dufan tapi lebih mini. Ini waktu gw naik wahana ini bener2 bikin sport jantung banget loh. Itu semua karena kesotoy-an gw! Jadi gw sotoy banget bawa handphone buat take some photos di atas sana pas posisinya lagi berhenti. Tapi in the end gw sibuk megangin hape kuat-kuat karena ternyataaaaaa goyangannya bener-bener bikin lemes semua badan T.T

Wahana yang di belakang itu animal coaster. Semacam halilintar versi cemen lah. Tapi do not underestimate it! Karena sesungguhnya waktu lo naik itu, lo bener2 kayak mau mati saking kencengnya T.T

Nah iniiii pelikan yang hidup bahagia yang ga masuk bagian animal show. Haha lucky me lewat tempat ini pas mereka lagi renang bareng2 beginii :))

Di Secret Zoo ini juga ada Tiger Island. Satu section yang isinya harimau semua. Tapi sedihnya banyak tiger yang ditempatin di kandang yang ga sesuai sama habitat aslinya T.T Harimau yang ini kandangnya didesign kayang tempat yang abis kena gempa gitu. Ada mobil tua bekasnya, ada rumah ancur gara2 gempa. There is also a statement yang katanya "Masih ada hari esok"! Jadi wajarlah kalo Harimaunya act males2an kayak begini ini :p

White tiger!! Ini kandangnya dibatesin sama kaca doang lohh. Rada kasian sih, kolamnya keruh gitu.. Dari Tiger Island ini gw jadi tau kalo ada 3 spesies harimau yang bener2 udah punah, termasuk harimau sumatra. Terus ada ilustrasi pemburuan harimau gitu di sekitar kandang2 ini. Ngenes sekali liatnya T.T

Ini gw ga ngerti namanya hewan apa, tapi rada amaze aja.. Yang satu lagi bobo siang, satunya lagi e'ok :D

And this isinya satu komplek Jatim Park 2 :) Bulan depan ke Eco Green Park lah yaaa ;)

Kalo ada yang tertarik piknik ke sini, gw saranin buat dateng pas weekday dan bukan lagi holiday season. Datengnya bener-bener dari pagi. Visit Museum Satwa duluan aja karena isinya hewan mati semua :P Save your energy there karena bakalan exhausted banget di Batu Secret Zoo. Tempatnya bener2 luassssssssssss! Ada penyewaan e-bike sih, Rp.100.000/3 jam! Tapi not an option kayaknya buat backpacker :p Gw di Jatim Park 2 ini spent time dari jam 10 pagi sampe jam 4 sore. Dan karena saking capeknya ada beberapa spot yang ga kita datengin kayak istana semut sama naik perahu ke pulaunya orang utan T.T Sayangnya, kalo ga ke sana pas holiday season atau weekend, banyak show2 yang ga ada. Kayak foto bareng sama baby tiger, orang utan, mancing white tiger pake makanan dari atas, dan semacam itulah.. Tapi over all gw sama Kochan bener-bener puasssss dan having fun di Jatim Park 2 ini :))

Tadinya rencana mau makan di Jungle Fast Food, di area Jatim Park 2 juga. Katanya seru, soalnya restaurantnya sebelahan sama kandang2 hewan terus ada satu area dimana meja kursinya bisa muter ngelilingin restaurant. Tapiiii ngeliat banyak review yang bilang rasa makanannya ancur semua, we decided to not eat there! Berhubung capeknya pake banget, we chose place yang bisa treat us well! So we went to......

RUMAH SOSIS BANDUNG

Ta da! Rumah Sosis ternyata buka cabang loh di Batu! Kayaknya sih baru, soalnya tahun lalu belom ada. Dia tempatnya di depan Batu Night Spectacular persis! Kita pesen 3 menu: Dragon Sausage, Zupa-zupa soup, sama fettuccine! Minumnya milkshake strawberry, sama lime squash. Menu minumannya rada ga lengkap. Semua macam smoothies lagi ga ada waktu itu. Zupa-zupa soupnya enak sih. Cuma sayang aja rotinya ga nempel bener ke bowlnya. Fettuccinenya enak juga. Dragon sausagenya ini yang bene2 emezingggg! hihihi.. Sosinya 40cm, terus ada topping kentang2nya di samping2nya. Bener2 puassss, bahkan berlebih. Harga dragon sausagenya Rp.65.000 sajaaaah. Worth to try ko :D Total2 kemaren kita abis Rp.170.000, including tax 10%. Berasa banget loh makan di resto yang pajaknya 10% gini. Biasanya resto atau cafe2 buat nongkrong di Malang atau Batu jarang banget yang ngasih ppn 10%. Mangkanya banyak makanan enak yang jatohnya murah di sini :D

Dragon sausage!!!

Ini diaaa tempatnya. Cukup luasss juga.. Dan banyakk saung2nyaaaa :D Buat yang pake operator 3 sih mendingan kalo makan di saung bagian luar aja. Di dalem ga dapet sinyal booooook -_-

Udahh deh, pikniknyaaa abis dalem waktu sehari ajaaa :) I'm glad Batu atau Malang ga kayak Surabaya atau Jakarta. Di mana orang2 pergi ke mall buat release stress. We really had a good 2 years 9 months moment!