Jan 25, 2015

Meet Gafie and His First Massive Shopping List


Well, hello 2015! 

Lama yaa ga menjentikkan jari di sinih! Terakhir Juni akhir, itu lagi masa-masanya mau pindah kandang alias tempat tinggal. Baru pertama tamanya itu gue pindahan dengan barang-barang seabrek, dari kosan pasutri ke rumah kakeknya Kochan yang waktu itu lagi kita renov juga. Dan tinggal di tengah2 rumah yang lagi di renov sebulan itu lumayan bikin stresssss.. Abis ituuuu after renovnya juga nonstop rapiin barang sana sini. Weekdays full kerja and most of our weekend were dedicated for home. Makin ga sempet lah itu yang namanya ngeblog, padahal sejak pindah rumah udah pasang koneksi internet yang stabil huhu.. Satu hal lagi yang bikin makin enggan ngeblog adalah males ngedit foto buat header hahaha.. Ga konsisten amat yakk sama impian di awal 2014 kemaren :P Then, time flies fast dan kemudian sampailah di Oktober.. Bulan di mana rumah kecil kita, keluarga kecil kita, ketambahan satu bocah yang unyel-unyel-able dan ciumable!



Tapii yang namanya bayi yaaa, mau ga mau bikin begadang tiap hari jugaak.. Sekarang sih udah lumayan, bocahnya udah bisa tidur malem straight berjam-jam. Well, I think I'll write more about parenting and raising a child in this blog. So baibai buat review restoran yang kemaren2 sempet menggila ituhh hehehe.. Jadi daripada first post di tahun 2015 ini gue awali dengan flash back ke momen-momen yang udah lewat itu, let me open a new page, a new life, begins with introducing our son!

Namanya Alronikko Chatal Gafiel. Artinya? Panjangggg.. Pas pertama2 baru lahiran, kita sih masih dengan semangat 45 ngejelasinnya ke tiap orang yang nanya artinya. Bukan kita deng, Kochan doang :P Tapi makin ke sini2, capek juga ngulang2in penjelasannya yang detil2 ituu. Lagian orang2 yang nanya kayaknya juga cuma basa basi doang hahaa.. Anyway dari nama yang sepanjang itu, panggilannya Gafie. Tapi gue sama Kochan plus orang2 yang sering main ke rumah manggil dia Ceji yang asalnya dari inisial CJ yang singkatannya adalah Chatal Junior. Ini nama Ceji asalnya dari pas gue masih hamil, pas belom punya nama buat si bebi bala bala ini. Secara yaaa nama resmi dia baru tercetus seminggu sebelum lahiran :D Jadi karena kebiasaan manggil Ceji sebelum anaknya brojol, keterusan deh sampe sekarang. Tapi kalo ngenalin ke orang2 lain sih pake nama Gafie, soalnya nama Ceji pasti ngebuat dahi setiap orang yang ngedengernya berkerut. Halah. Semoga anaknya ga krisis identitas deh ntar.

Soooo, ini gue ngetik sambil ngeliatin si Gafie digendong Kochan. Udah 3 bulan, lucunya makin banyak. Makin bikin ga konsen ngapa2in. Tapi gue perlu me time kayak nulis blog gini biar ga stresssss.. Tapi ini keyboard laptop bikin stress juga sih, kadang ada huruf yang diketik ga nyantol. Jadi maklumin aja yak kalo ada typo2 huhu.. Makin ga konsen, Ga konsen. Ga konsen..

Ok. Fokus.

Berhubung gue orangnya informatif abiss, dari kemaren2 tuh gue pengen ngepost tentang persiapan nyambut newborn lah, ngereview obgyn2 yang kemaren gue datengin lah, ngereview rumah sakit tempat gue ngelahirin lah, dll. Tapi ga sempet aja lahh itu semua ditulis. Dan sekarang gue kayak pengen nulis semua itu dalam satu postingan ini which is ga mungkin.

Ok, maybe I'll start with something basic tentang baby now. Newborn's Shopping List. Basic kan? Perlengkapan bayi baru lahir yang harus di beli bisa dibilang keyword yang bakalan diketik sama ibu2 clueless macam gue. Waktu hamil dulu, gue tiap hari bisa buka beberapa blog yang ngelist barang2 wajib beli buat newborn for the sake nyari benang merahnya, apa aja yang bener-bener harus gue beli buat babyku iniii.. So, I think it's my turn now to help mommies-to-be out there. Well, check out my list and the review below! Semoga ngebantuu yaaaa ;)

Clothes

1. Baju kutung : 6 buah
2. Baju lengan pendek: 8 buah
3. Baju lengan panjang: 1 lusin
4. Celana panjang: 6 buah
5. Celana pop: 1 lusin
6. Bedong: 1 lusin
7. Sarung tangan sama kaki: 4 pasang
8. Kaos kaki: 3 pasang
9. Topi bayi: 2 buah
10. Gurita bayi: 1 lusin
11. Jumper/romper: 4 buah
12. Selimut topi: 1 buah

Review Clothes

1. Berdasarkan saran mertua gue, baju bayi itu mending beli yang murah2, tapi banyakkk. Jadi waktu itu pergilah kita ke Pasar Besar nyari itu semua. Which is emang lebih murah, tapi kualitasnya ya seada-adanya. Tapi gapapa sih, buat newborn, baju2 itu kayak cuma numpang pake sejam doang. Berhubung masih pake popok kain yang iket2 itu di satu bulan pertama, jadi tiap abis pipis bisa2 ganti sepaket, mulai dari baju, gurita, popok, sampe bedong.

2. Baju-baju ini bisa dibilang gue beli kebanyakan.. Baju kutung paling cuma make 2 biji, selebihnya ga gue pake karna I think newborn is fragile dan rawan masuk angin. Apalagi gue tinggal di Malang, jadi baju kutung is a no no lah. Terus gue juga dapet banyakkkk baju lungsuran dari 2 temennya Kochan. Makin ga kepake lah itu baju2 yang gue beli. Soalnya bahan baju yg gue beli itu dari katun dan gue ga terlalu suka *ga suka,tapi tetep dibeli :P*. Baju lungsurannya kebanyakan bahan kaos, jadi semangat makeinnya ke Gafie. Jadi pelajaran pentingnya, kalo si mbak2 toko nanya mau beli bahan katun apa kaos, pilih kaos yaa!

3. Celana panjang itu aslinya gue beli cuma 6, tapi waktu Gafie umur 1 bulan, gue nambah 1 lusin lagi. Celana pop juga gitu, nambah 1 lusin lagi dan it was a big mistake. Pas mau nambah jumlah celana itu Gafie emang lagi dalam kondisi kurang celana karena pipisnya makin menggila dan dia masih pake popok kain. Sehari pipisnya bisa 15 kali, jadi kebayang lah kalo tiap pipis itu popok sama celana mesti diganti, kurangg banget kan jumlahnya.. Akhirnya nambah dong. Tapi seminggu kemudian setelah beli, diperkenalkanlah Gafie dengan yang namanya clodi dan pospak yang bikin dia ganti celana sehari paling banyak cuma 4 kali doang. Yak, mubazir lah itu celana2 tambahan yang gue beli. Untungnya sizenya gede jadi masih bisa dipake sampe sekarang, tapi teteplah kebanyakan bangetttt jumlahnya :(

4. Bedong sih no complain. Ga kebanyakan dan ga kurang karena ini multifungsi. Gue bedong Gafie sampe dia umur sebulan doang karna setelah lewat satu bulan, gerakannya makin kuat. Jadi takut kalo mau ngebedong rapet2, bisa2 ntar kenapa2 sama tulangnya. Lagian sama dokter juga ga disaranin bedong seharian. Kalo mertua sih nyuruhnya ngebedong tiap abis maghrib *I don't know why*. Ngebedong ala mertua itu kakinya Gafie dilurusin terus dibebet pake kain panjang bermeter2 biar kakinya lurus. Gue sama Kochan sih percayanya kaki bayi yang ngebentuk huruf O itu sangat wajar lah, namanya juga kebiasaan dari rahim. Terus ntar pasti tuh kaki bakal lurus2 sendiri kalo udah waktunya. Tapi biasa lah yaa orang2 tua kan banyak mitosnya, jadi ya tiap mertua ke rumah, dibebatlah itu kakinya Gafie, cuma setengah jam sih paling lama. Soalnya waktu itu Gafie masih berpopok kain, dan tiap pipis, kain bebatnya juga ikutan basah hihi.. Semenjak udah ga dibedong, bedong2nya dialihfungsikan buat alas mandinya Gafie. Soalnya sampe sekarang gue masih nyabunin dia di baby cotnya, baru ntar pas bilas pindah ke bak mandi.

5. Sarung tangan sama kaki itu guna banget, bahkan sampe sekarang. Bahkan sarung kakinya pun sering gue alihfungsikan jadi sarung tangan. Sebenernya tangan bayi itu ga boleh sering2 dibungkus mitten sih karena itu indera peraba. Tapi berhubung kukunya para bayi ini numbuhnya cepet banget dan tajem2, jadi kalo emaknya lagi ga sempet potong kuku, dibungkus lah itu tangan daripada Gafie cakar2 mukanya sendiri sampe luka :( Ini sering banget kejadian sama Gafie. Tapi tenang aja, kulit muka bayi regenerasinya cepet. Jadi ga ninggalin bekas luka. Oh iya, bayi cakar-cakar muka juga wajar, soalnya mereka belom bisa kontrol tangannya di bulan-bulan pertama..

6. Kaos kaki 3 biji itu kurang banget. Untung dapet lungsuran seabrek2, jadi ga perlu beli lagi. Gue lebih prefer makein kaos kaki ketimbang sarung kaki. Soalnya lebih anget.

7. Topi bayi yang gue beli sih ga kepake soalnya kegedean. Tapi dapet topi lungsuran yang pas kepala, jadi make itu deh. Terus dibulan ke dua, gue beliin Gafie beanie, dan sekarang tiap pergi make itu karna lebih anget dan bisa nutupin kuping juga.

8. Gafie make gurita juga cuma sampe umur sebulan. Selebihnya make kaos dalem. Dan jangan pernah pakein gurita pas periksa ke dokter kalo ga mau diceramahin. Kata dokter, gurita itu oke2 aja dipake, tapi cuma sampe tali pusatnya anak lepas. Kalo sering dipake bisa bahaya soalnya bayi nafas pake perut, dan kalo perutnya dikekep gimana mau nafas enak. Gue sih sadar banget akan alasan kesehatan itu. Tapi lagi2 atas nama mitos yang katanya kalo bayi ga pake gurita, perutnya bisa ngelebar ke samping, mertua nyuruh Gafie pake gurita terus. Terus kata mertua juga tulang2nya dia belom kuat buat dipakein kaos dalem. Yasudahlah guritanya dipake sebulan deh, lewat dari sebulan udah kagak muat. Anaknya makin gedee hehe..

9. Dari Gafie lahir sampe umur dua bulanan, gue selalu mengandalkan jumper atau romper yang panjangnya sampe nutupin ujung kaki tiap Gafie pergi. Tapi beranjak mau umur 3 bulan, jumper2nya dipake di rumah doang. Kalo pergi2 gue pakein kaos, celana, lengkap sama sepatunya. Udah ga baby style lagi.

The one and only shoes he has. Males beli banyak, toh prewalker shoes ga perna bener2 kotor, terus anaknya juga cepet banget gedenya.

10. Selimut topi yang gue beli sama sekali ga gue pake hahaha.. Kegedean. Di bulan pertama gue pake selimut topi dari mertua yang notabene itu adalah selimut topinya Kochan waktu dia kecil. Yakkk, itu selimut umurnya udah mau 30 tahun. Gafie umur sebulan lebih udah ga pake selimut topi lagi sama sekali sih. Gue pakein Sleepy Wrap tiap pergi dan itu udah bikin dia cukup anget.


Isi lemari yang bener-bener perlu disortir ulang!!

Perlengkapan BAB/BAK

1. Popok kain: 2 lusin
2. Clodi: 1 buah
3. Tisu basah: 2 pak
4. Kapas kiloan: 1 gulung
5. Alas ompol: 1 lusin
6. Happy Nappy: 1 pak
7. Mammy Poko: 1 pak

Review Perlengkapan BAB/BAK

1. Review popok bakalan panjang sih ini. Jadi dulu pas hamil gue dilemma banget2an masalah popok. Mau pakein clodi dari awal tapi ko pas belajar tentang seluk beluk clodi bikin bingung banget. Akhirnya gue menetapkan hati buat makein Gafie popok kain dulu di awal kehidupannya. Waktu itu ngeri banget ngebayangin jumlah popok yang harus dicuci tiap hari. Tapi setelah dijalanin sebenernya biasa aja sih. Awalnya sih Kochan sama mertua masih ngotot nyuci pake tangan. Tapi badannya Kochan remuk redam tiap abis nyuci popok seabrek, jadinya di minggu keduanya Gafie semua popok kotor masuk mesin cuci deh. Saran aja, buat minggu2 pertama better dipakein popok kain dulu biar kita bisa ngitung jumlah BAK/BAB bayi. Total popok itu bisa buat tanda whether bayi cukup minum apa ga. Pokoknya kalo sehari lebih dari 6 kali ganti popok itu tandanya aman lah.

2. Popok kain yang aslinya 2 lusin mulai ga cukup pas Gafie udah 1 bulan. Akhirnya gue beli lagi 2 lusin, barengan belanja celana2. Dan itu big mistake karena akhirnya gue pakein Gafie clodi sama pospak later on. Sekarang popok kain 4 lusin itu teronggok di lemari bergeming ga dipake buat apa2. Huhu nyeselnya banget2. Uang buat beli tambahan popok 2 lusin itu bisa dapet clodi lokal 2 biji padahal :(

3. Clodi pertama yang gue beli merknya Minoo. Gue belinya dengan tatapan sinis karena waktu itu udah naksir Blueberry tapi masih sayang ngeluarin duit banyak buat beli dan masih ragu sama performa clodi. Akhirnya disuruh Kochan beli yang murah2 dulu aja buat nyoba. Awalnya sih ga percaya sama performa Minoo. Gue prewashnya juga asal2an cuma sekali terus langsung pake. Yang makein ke Gafie pertama kali juga Kochan karena gue ga minat sama sekali pake itu. Eh ternyata sodara2, biar dikata itu clodi harganya cuma 60an rebu, biar dikata covernya anyep2 basah kalo udah penuh sama pipis, gue terkesima sama cara kerja clodi gara2 si Minoo itu. Wah ternyata clodi itu prospektif sekali. Bisa nyerep pipis berjam2 dan kain di innernya tetep terasa kering kayak pake pospak. Wah wah wah... Baru deh gue terpacu buat niat clodian. So far baru punya 6 biji, ntar gue bikin post deh tentang review clodi yaaa.. Jadi pelajaran berharganya, mending invest beli clodi yang banyak ketimbang popok kain tali yang banyak :(

4. Kapas kiloan itu berguna looohh. Sampe Gafie umur 3 bulan itu kapas belom abis2. Oh iya itu cara pakenya digunting2in segede kapas bulet terus dicelup2 ke air buat bersihin pipis atau pupnya bayi. Cara ini jauuuuh lebih hemat daripada harus beli kapas bulet2. 

5. Alas ompol yang gue beli ga kepake aja deh karena gue clueless itu mau dipake buat apa..

6. Dulu temen ada yang nyaranin pake Happy Nappy buat ditempel di popok kain. Itu kayak pembalut gitu, bisa nyerep pipis beberapa kali. Tapi di gue sih akhirnya ga kepake sama sekali. Belom dibuka malahan.

7. Di awal gue cuma beli pospak 1 pak yang paling kecil karna kagak minat2 banget bakar duit beli pospak. Eh ke sini2 kok makin tergoda sama kesimpleannya, akhirnya sekarang tiap bulan beli 1 pak isi 50 biji dehhhh.. Ntar kalo clodi udah banyak, gue berencana pospak-an seperlunya aja. Sayang bumi sayang bumi..

Perlengkapan Kamar Tidur

1. Bantal Peyang: 1 buah
2. Perlak Besar: 1 buah
3. Baby Cot: 1 buah

Review Perlengkapan Kamar Tidur

1. Bantal peyang baru kepake pas Gafie umur 2 bulan. Dan waktu itu kepalanya udah peyang huhuhu.. Abisan baca2 di mana2 katanya bantal ga direkomendasiin dipakein ke bayi. Terus mertua juga selalu histeris kalo liat cucunya dikasih bantal, katanya tulang lehernya belom kuat. Jadi yasudahlah itu bantal nganggur. Sampe akhirnya pas gue pindah dokter anak, dan dokternya bilang bantal itu bagus buat perkembangan otak bayi. Langsung deh pas nyampe rumah keluarin itu bantal peyang dari tempat persembunyiannya :P

2. Dibeliin baby cot super gedeeee sama tante gue, 160 cm x 120 cm. Kewl kan? Tapi sayangnya itu kagak muat masuk kamar gue sama Kochan. Jadi ditaro di kamar lain deh. Dan akhirnya ini ga bisa dipake sama Gafie tiap malem. Kan ga mungkin naro dia di kamar yang beda. Cuma dipake buat tidur siang, itu juga kadang-kadang, dan dipake rutin buat mandiin Gafie. Baby cot ini jadi investasi jangka panjang sih. Bakalan bisa dipake Gafie sampe SD ntar. Kemaren gue coba masuk ke dalem cot ngetes ini cot kuat apa engga nahan berat badan gue, ternyata cukup firm dan meyakinkan banget ko ;)

Baby cot zuperrrr

Perlengkapan Mandi

1. Bak Mandi:1 buah
2. Perlak besar: 1 buah
3. Handuk bayi: 2 buah
4. Washlap: 5 buah
5. Minyak telon: 1 buah
6. Johnson's Baby Gift: 1 pak isinya bedak, baby lotion, baby cream & baby cologne
7. Kassa: 2 box
8. Tempat bedak + spons: 1 buah
9. Cotton buds: 2 pak
10. Gunting kuku bayi Tommee Tippee: 1 buah
11. Sisir bayi: 1 buah
12. Sikat lidah:1 buah
13. Termometer digital: 1 buah
14. Alkohol 70%: 1 botol
15. Diaper cream: 2 buah
16. Nasal aspirator: 1 buah
17. Baby hair lotion: 1 buah

Review Perlengkapan Mandi

1. Dulu sempet kepikiran beli baby bather, tapi setelah baca2 pengalaman ibu2 di forum, baby bather ga terlalu kepake. Jadi yasudahh beli bak mandi bayi aja.

2. Di 5 hari pertama ada home care visit dari rumah sakit buat mandiin bayi selama tali pusatnya belom lepas. Jadi gue ga clueless2 amat lahh karna diajarin mandi sama susternya. Oh iya, kan ada tuh bayi2 yang ga mandi selama tali pusat belom lepas, Gafie sih ga termasuk bayi2 itu yah. Dia dimandiin, bahkan sebadan2nya udah direndem di bak mandi dari hari pertama lahir. Terus take care of tali pusat juga ga seribet yang gue bayangin. Susternya sih ga ngajarin dibersihin pake alkohol, cuma harus ganti kasa aja tiap hari, jadi alkohol sebotol sama sekali ga kepake deh -_- Gafie tali pusatnya lepas di hari ke 8 dan thank God engga ada infeksi2an dan yang paling penting, engga bodong :P

3. Gunting kuku yang pertama gue beli itu modelnya kayak gunting kuku orang gede. Tapi pas susternya liat, gue disuruh beli lagi yang model gunting kecil yang ujungnya bulet. Dari awal, yang motong kukunya Gafie ya gue. Pertamanya sih motongnya ga berani pendek2, takut kena kulit. Lama2 sih gue potong sependek2nya yang gue bisa, karna kalo kukunya masih nyisa, itu bisa jadi modal buat Gafie bikin banyak luka2 di muka *tutup muka*.

4. Sikat lidah juga belom kepake karna kayaknya kegedean buat dimasukkin ke mulut imutnya dia. Jadi akhirnya tiap bersihin pake kasa yang udah dicelup air anget terus dililit ke tangan aja deh. Gue juga termasuk ibu2 yang jarang bersihin lidah, abis grogiiii.. Tiap masukin jari ke mulutnya Gafie, bawaannya pengen diemut sama dia. Tapi kayaknya mau ngebiasain bersihin mulut lahh besok2, biar transisi ke gosok gigi ntar lebih gampang.

5. Buat baby care gue make merk macem2. Awalnya Johnson's. Terus dapet kado Cusson's ya pake itu. Terus balik lagi ke Johnson's. Tapi ini lagi pengen nyoba Zwitsal kalo semua Johnson's udah abis ntar.

6. Tempat bedak sama sponsnya sama sekali ga gue pake soalnya gue ga pake bedak apapun. Bedak itu ga ada health benefitnya sama sekali ke bayi. Yang ada malah bisa bikin bayi kenapa2.

7. Diaper rash cream itu wajib beli soalnya newborn rawan kena diaper rash. Gafie waktu itu pun kena gara2 gue, kochan, sama mertua ga bersih bersihin pantatnya dia waktu pup. Ga bersihnya karna pas bersihin masih takut2 dan masih memegang kepercayaan bahwa bayi itu fragile. Eh dimarahin lah sama si suster home visit karna itu endingnya bikin bayi iritasi. Yaudah sejak itu kalo bersihin pantat Gafie abis BAB/BAK bener2 pake tenagaaa sampe bersih kinclong. Diaper cream yang direkomendasiin sama susternya sih Pigeon atau Zwitsal soalnya kandungan zinc-nya lebih banyak dari yang lain.

8. Nasal aspirator itu gunanya buat nyedot ingus pas bayi pilek. Berhubung si Gafie belom pernah pilek, itu nasal aspirator gue pake buat ngeluarin upil. Jangan kira upilnya bayi imut2 yee, upilnya tuh segede2 gaban dan bisa bikin bayi hidungnya tersumbat. Soo, ini benda magical banget deh. Di saat lubang hidung Gafie ga bisa nampung gedenya jari gue, bahkan jarinya dia sendiri, nasal aspirator lah yang jadi penyelamatnya. Jadi ini sangat2 bergunaaaaa. Titik. 

Perintilan perintilun

Perlengkapan ASI dan ASIP

1. Breast pump Medela Harmoni: 1 buah
2. Celemek/bib: 6 buah
3. Sapu tangan handuk: 9 buah
4. Soft cup feeder advanced: 1 buah
5. Jepitan botol + sikatnya: 1 paket
6. Sabun cuci botol Sleek: 1 buah
7. Botol kaca ASI: 1 kotak isi 8
8. Dr Brown Pacifier: 1 pak isi 2

Review Perlengkapan ASI dan ASIP

1. Gafie itu bayi ASI. Dan perjalanan breastfeeding gue yang penuh dengan ups and downs bakal gue ceritain di post berikutnya. Buat ASI sebenernya gue lebih sering tempelin Gafie langsung ke pabriknya. Tapi di awal2 kan sempet cracked nipple, jadi gue beli lah itu breast pump biar ga harus selalu tempel ke puting yang sakit. Pumping juga berguna buat naikin produksi ASI, tapi di gue sih ga terlalu ngaruh ya karna gue stay at home mom. Dulu pas pertama breast pump dateng, gue rajin pumping terus nyetok sampe berbotol2 di kulkas buat jaga2 kalo2 gue perlu keluar rumah tanpa Gafie which is ini jarang banget terjadi, palingan baru sekali kejadian. Sekarang sih udah males pumping gegare males booo nyuci2 printilan breast pump abis pumping.

2. Demi biar Gafie ga bingung puting, gue ngasih ASIP pengennya lewat soft cup feeder advanced yang harganya setengah jutee ituu. Tapi realita tidaklah selalu sejalan dengan harapan. Gafie gamau dan ga bisa pake soft cup feeder. So sia2 deh itu investasi 500rebu buat beli begituan T.T Ujung2nya tiap ngasih ASIP ya pake dot Medela Calma bawaannya breast pump.

Alat perang ASI

3. Gue juga beli empeng buat jaga2 kalo Gafie rewel dan pengen ngempeng puting pas gue udah terlalu capek buat diempengin. Sengaja investasi empeng Dr Brown yang bagusan dikit biar lagi2 ga bingung puting. Dan gue kira semua anak yang dijejelin empeng kan bakal diem seketika ya, ternyata anak ajaib ini engga kayak anak pada umumnya. Dikasih empeng bukannya diemut malah dilepeh aja gituu.. Jadi tiap gue despret, itu empeng pas dikasih ke Gafie mesti dipegangin biar ga dilepeh.

Perlengkapan Travelling

1. Diaper bag: Dapet kado
2. Sleepy wrap: 1 buah
3. Ergo Baby KW: 1 buah
4. Perlak yang bisa dilipet: 1 buah

Review Perlengkapan Travelling

1. Sebelum Gafie lahir, Kochan dapet kado diaper bag dari temennya, jadi ini ga perlu beli pake duit sendiri deh buat beli. Belakangan dibeliin diaper bag juga sama tante gue, merknya Okiedog. Okiedog ini oke beratsss lah, bawanya enak, motifnya keren, bisa dicantolin ke stroller jugaa. Secara yaa diaper bag itu kan yang bawa papa mamanya, jadi ga cool banget kan kalo Kochan harus bawa diaper bag gambar Teddy Bear :p Yang jelas, diaper bag dan seisinya itu adalah barang wajib bawa kalo mau pergi2 sama bayi. Sekarang aja gue udah ga pernah bawa tas sendiri kalo pergi. Barang bawaan gue yang tadinya seabrek tiap pergi, sekarang tinggal dompet sama hape aja dan itu juga dimasukkin ke tasnya Gafie.


Tas dan perlengkapan tempur waktu pergi

2. Buat baby carrier gue ga pake gedongan batik kayak emak2 jaman dulu, simply karena ga bisa makenya. Setelah baca membaca forum, pilihan gue jatoh ke Sleepy wrap yang tidak lain adalah kakaknya Boba wrap. Bentuknya itu kayak kain 5 meter yang harus dibentuk2 dulu sebelum buat gendong. Ribettt tapi bisa buat Gafie selalu tidur tiap digendong pake itu. Ini gue beli preloved dari ibu2 di suatu forum. Biar preloved, yang penting asli lah.. Tapi seminggu terakhir ini posisi Sleepy Wrap sudah tergatikan dengan Ergo Baby. Gue beli KW karna ga sanggup boooo beli aslinyaaa. 2 juta buat gendongann?? Mending nabung buat rumah kan? Make Ergo lebih simple dan bisa gantian sama Kochan. Tapi buat saat2 ini kepalanya Gafie mesti dipegangin tiap digendong pake Ergo, soalnya dia belom kuat2 banget kan angkat kepala. So far gue pewe2 aja sih pake yang KW ini. Tapi mungkin Ergo asli offers heaven kali yakkk sampe bisa semahal itu..

Husband wears Ergo Baby kw

Perlengkapan Ibu

1. Gurita ibu: 2 buah
2. Daster kancing depan: 4 buah
3. Breast pad washable: 3 pasang
4. Pembalut nifas: 1 pak
5. Baju menyusui: 5 buah

Review Perlengkapan Ibu

1. Pasca melahirkan, kulit diperut itu rasanya gelendot2 kalo ga dipakein gurita. Gue beli 1 gurita yang iket2, 1 gurita velcro. Yang kepake sih gurita iket2 soalnya yang velcro itu terlalu kenceng buat perut pasca caesar. Tapi emang dasarnya gue ga telaten pake begituan,itu gurita kepakenya cuma seminggu. Setelah itu dadah gudbai, perut gue tampil apa adanya hehe.. Emang sih sampe sekarang belom balik ke bentuk normal yang rata itu, tapi yasudahlah, itu perut kan membesar dalam waktu berbulan2, masa balikinnya lagi harus instannn... Ya harus nunggu berbulan2 juga dong logikanyaa *banyak alesan :P*

2. Awal make breast pad itu gue pilih yang washable. Tapi ternyata ga nampung booo.. Selalu bocor tiap pergi. Akhirnya setelah baca review sana sini, beralihlah gue ke breastpad Pigeon. Yang ini super bangettt bisa nampung ASI banyakkkkk dan ga gampang bocornya. Tapi harganya ya gitu deh. Sama kayak buat beli pospak T.T

3. Salah satu dilemma ibu2 menyusui yaa milih baju yang pas buat dipake pergi. Sebelum nemu online shop nursing wear, baju gue cuma sebatas kemeja yang itu2 aja, karna gue ga punya banyak kemeja. Tapi berhubung tiap nyusuin Gafie, Instagram selalu jadi teman, ketemulah bermacam2 online shop nursing wear dan gue notice satu yang paling keren, namanya NyoNya nursing wear. Pas tau, awalnya cuma beli sebiji. Eh terus akhir tahun kemaren ada clearance sale aja deh. Kalap lah gue beli baju menyusui sampe over budget gila-gilaan. Beli mulai dari tank top, kaos, sampe dress. Tapi puas sih dan semua dibeli atas nama investasi :P

Hasil kalap belanja di NyoNya Nursing Wear


Dannnn akhirnyaaaa post-an gue kelar sodara-sodara.. Itu lahhhhh newborn's massive shopping list yang gue punya. Emang banyak dan wajar sih, namanya juga anak pertama kan yaaa, apa2 baruuuu semuaa dan masih belom pinter buat ngira2 mana barang yang perlu banget mana yang engga. Jadiiii semoga itu list bisa ngebantu ibu2 yang lagi dilanda kebingungan yaaa..

Soo, see ya later, maybe?