Mar 2, 2015

How Magic Works within Gafie's First Four Months



Dari awal Gafie lahir, sebenernya gue pengen banget nyatet setiap milestone yang udah dia capai setiap bulannya, like most of ibu2. Simply ini buat bahan reminiscing kalo anaknya udah gede belasan tahun lagi hihi.. Tapi apa daya, punya baby itu means having unpredictable schedule. Daily schedule bukan diarrange lagi sama emaknya, tapi sama si baby. Jadi mau ngeblog pun liat-liat sikon huhu.. Dan sekarang mumpung anaknya lagi tidur, gue mau ngerekap milestonenya Gafie dari 1-4 bulan ini. Emangnya inget? Ya engga sih.. Paling ingetnya milestone yg detail waktu di umur 4 bulan ini. Tapi ga ada salahnya give my memories a try!



Jadii menurut dokter anak gue, setiap milestone itu ada 4 hal yang harus diperhatiin: Motorik Kasar, Motorik Halus, Sosial, dan Bahasa. Terus sekalian gue tambahin pengalaman imunisasinya Gafie tiap bulannya jugakk ya biar komplit plit plit.. Soooo, prep yourself ya soalnya ini postingan bakalan jadi bahasannya ibu-ibu banget deh hehehe.. Well, let's start from the beginning!

1 Month Old Gafiel - 18 November 2014 - 4,7 Kg


Motorik Kasar: 

Refleks moro alias kondisi bayi yang suka kaget2 masih mewarnai 1 bulannya Gafie. Kadang-kadang refleks ini penyebab nomer 1 Gafie bangun di tengah tidurnya. Terusss motorik kasar yang lainnya gue lupakkk -_-

Motorik Halus: 

Udah bisa genggem jari kalo kita nempatin satu jari di telapak tangannya. Tapi genggemannya belum terlalu kuat. Buat penglihatannya sih masih tertarik sama something yang terang-terang kayak lampu. Jadi kalo digendong pasti ngeliatnya ke lampu terus ga bosen2.

Sosial: 

Suka senyum2 sendiri waktu bangun atau waktu tidur. Tapi masih belom bisa diajak becanda yang heboh2 secara jarak pandangnya di umur segini kan masih terbatas banget. Terus juga masih sering banget tidur super lamaa.. Dan masih banyak begadangnya. Ditambah growth spurt yang sering bangetttttt di bulan2 pertamanya ini yang berhasil bikin gue sama Chandra tidur jam 6 pagi beberapa hari berturut2 (halah malah curhat colongan).

Bahasa: 

Masih sebatas nangis dan diem2 manja aja sih.. Belom cooing heboh gitu.

Imunisasi: 

0-1 bulan ini imunisasinya lumayan banyak sihh.. Yang pertamakan Hepatitis B, itu dikasihnya pas bener-bener baru lahir. Then, Gafie umur seminggu dikasih vaksin Polio I tetes. Ini for the first time gue bawa Gafie keluar rumah. Deg2an boooo.. Takut dia minta breastfeeding di tengah2 antri dokter, tapi untungnya anaknya pules tidur sih sembari nunggu dokter. Maklum belom pengalaman nenenin di luar rumah. Karena vaksinnya tetes, jadi belom ada cerita nangis2an di dokter.



2 Month Old Gafiel - 18 Desember 2014 - 5,8 kg



Motorik Kasar: 

Kalo ga salah 1 bulan menuju ke 2 bulan ini gue udah mulai kasih tummy time ke Gafie. Buat yang clueless, tummy time itu posisiin bayi tengkurep. It helps him menguatkan otot leher dan berbagai otot2 lainnya. Waktu tummy time, dia udah mulai angkat kepala tapi masih bentar2 aja. Dulu pertama kali tummy time, angkat palanya paling itungan detik aja, 20 detik paling lama kalo ga salah. Kepalanya juga udah mulai liat kanan kiri walopun masih lebih suka liat langit-langit atau lampu.

Motorik Halus:

Kayaknya udah mulai sadar kalo punya tangan. Jadi suka perhatiin tangannya. Dan the sad part is dia juga suka cakar2 mukanya sendiriii. Motong kuku bener2 harus beberapa hari sekali biar ga bikin mukanya Gafie luka. Terus seinget gue juga udah mulai cari asal suara kalo ada yang manggil2 dia.

Sosial:

Makin sering senyum-senyum sendiri.

Bahasa:

Udah mulai cooing tapi masih jaranggggg banget.. Terus cooing-nya juga sebentar-sebentar aja.

Imunisasi:

1-2 bulan ini ada beberapa imunisasi. Dan most of them vaksin yang disuntik. Pertama BCG yang konon ninggalin bekas di lengan itu. BCG ini katanya dikatakan "jadi" kalo ada bekas melendungnya. Punya Gafie termasuk BCG yang "jadi", cuma baru melendung sebulan lebih after the shot. Jadi hasil suntikan BCG ini kembang kempis gitu, kadang juga ada nanah dikit-dikit. Pesen dokter sih ga usah diapa2in, cukup dibersihin aja pake air dan jangan dikasih sabun. Bekasnya ntar bakalan ada sampai besar. Dan kata Dsa-nya Gafie lagi, bekas suntikan ini bakal ditanyain kalo mau kuliah di Harvard. So, don't bother the scar karena ini bisa jadi bukti otentik kalo udah di vaksin BCG waktu kecil ;)

Terus pas 2 bulannya, Gafie dikasih Pediacel I (gabungan Polio, DPT, dan Hib). Vaksin yang ini konon ga bikin anaknya panas. Oh iya, yang bikin panas itu vaksin DPTnya ya.. Pas visit ke dokter buat pediacel, gue juga minta vaksin Rotarix. Rotarix bukan termasuk vaksin yang diwajibkan pemerintah sih, cuman karena gue emak-emak yang parnoan, jadi gue kasih Gafie rotarix juga. Ini gara-gara gue juga diceritain sama mertua kalo Chandra waktu kecil pernah hampir meninggal karena diare. Dan salah satu penyebab diare itu kan rotavirus. Nah, rotarix ini bisa meminimalisir efek rotavirus ini seminim mungkin. Walopun udah di vaksin rotarix, kemungkinan buat kena rotavirus emang masih ada, tapi yang jelas efeknya ga separah anak-anak yang ga kena vaksin rotarix sama sekali. Rotarix ini vaksin tetes yang dikasihnya 2 kali sajoo.. The interesting part dari imunisasi2 yang suntikan, Gafie ternyata bukan tipe2 bayi yang nangis heboh habis disuntik. Paling cuma 'ngek' doang pas jarumnya masuk, abis itu udah, senyum2 lagi like nothing happened. Good job, son! Dan habis imunisasi pediacel+rotarix ini, kita ajak Gafie jalan-jalan aja lhoooo ke mall sampe 3 jam-an. Hasilnya, malemnya rewel kecapekan tiada tara. Untungnya ga panas. But, jadi pelajaran sih buat ga bawa Gafie jalan2 pasca vaksin hihi..


3 Month Old Gafiel - 18 Januari 2015 - 7,3 kg



Motorik Kasar:

Angkat kepala pas tummy time udah makin lama. Udah mulai miring-miringin badan waktu tidur sekali dua kali doang tapi..

Motorik Halus:

Megang sesuatu udah mulai makin kuat. Mulai masuk fase oral juga, masukkin tangan ke mulut, tapi belom seheboh bulan berikutnya. Udah ga betah juga digendong posisi tidur. Sekarang mulai prefer gendong posisi berdiri. Mulai curious liat kanan kiri, dan udah ga liat atap atau lampu lagi. hihi.. Start di umur segini kayaknya dia juga udah sadar punya lidah. Jadi waktu hari pertama dia sadar bisa ngeluarin lidah, kerjaannya seharian tuh melet-melet terussss.. Sweet!

Sosial:

Makin sebentar-sebentar tidurnya. Makin sering minta diajak main. Dan yang jelas makin sering senyum dan mulai ketawa-ketawa :))

Bahasa:

Makin sering cooing. Kalo dipegang area lekukan yang ada di atas mulut di bawah hidung (kalo pada ga tau, namanya Philtrum), dia suka ngeluarin suara "enggih enggih". Lucu maksimal lah pokoknya..

Imunisasi:

2-3 bulan ini imunisasinya cuma satu macem *elus-elus dompet*. Vaksin IPD I di usianya yang ke-3 bulan. Dari sekian banyak vaksin, vaksin ini lah yang paling mehongggg huhuhu.. Gapapa lah ya demii ga kena pneumonia dan sebagainya ituu.. Abis disuntik IPD I ini malemnya Gafie panas sampe 39 derajat celcius kalo ga salah. Tapi paginya dan besok-besoknya udah normal lagi sih. Jadi itu murni KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).


4 Month Old Gafiel - 18 Februari 2015 - 8,4 kg



Motorik Kasar:

Udah kuat angkat kepala 100 persenn.. Tummy time juga makin lama, 5 menitan gitu tahan lah dia ga nangis, tapi tergantung mood juga sih. Miring-miringin badan juga makin sering, tapi belom sampe tengkurep sendiri.. Curiganya sih kegedean pantat, jadi kagak bisa tengkurep sendiri T.T Kata dokter sih belom dibilang "delay" sampe usia 6 bulan. So let's hope bulan depan dia udah bisa tengkurep sendiriii..

Motorik Halus:

Udah bisa nyatuin dua tangan di depan muka terus dimasukkin ke mulut 2 tangan itu. Fase oralnya makin menggila. Semuanya diambil dan dimasukkin ke mulut. Gue udah pasrah aja sih. Ada mainan yang belom disterilin udah masuk ke mulut dia, ada juga yang emang sengaja disterilin dulu. Semuanya sekarang dia coba ambil, tarik, masukin mulut, termasuk rambut emaknya T.T

Sosial:

Udah bisa digodain, diajak becanda, dibikin ketawa terbahak2.. Masih mau digendong sana sini even sama orang yang baru pertama ketemu, tapi ini tergantung mood sih. Mulai ga bisa ditinggal sama sekali. Kalo dulu ditaro di rocking chair, dia bisa main-main sendiri sampe setengah jam lebih, sekarang paling lama cuma 10 menit. Gile lah.. Di tidurin di kamar juga gitu. Mau sendirian cuma beberapa menit, sisanya teriak2 minta ditemenin. Kalo disamperin langsung deh pasang muka bahagia senyum tiga jari :)

Bahasa:

Makin cerewet dan suka teriak-teriak.

Important Moments:

Mulai di bulan ini gue tambahin ya, soalnya masih inget banget di memori. Seminggu sebelum dia umur 4 bulan, suhu badannya Gafie naik turun. Hari Selasa 38 derajat - terus Rabu 36 derajat normal lagi - Kamis naik jadi 39 derajat - Jumatnya normal lagi di 36-37 derajat - eh Sabtu dini hari mencuat tinngi sampe ke 41 derajat ditambah ada momen menggigil2 pulak. Wahhh gila lah kalo inget2 kejadian itu ngeri banget. Takut kejang juga. Dan waktu itu gue ga nyetok obat panas sama sekali. Mengandalkan ASI doang. Sabtu paginya baru di bawa ke dokter, di kasih obat penurun panas, multivitamin, dan antibiotik sodara-sodara. Yakkk, antibiotik. Kasian banget Gafie harus berkutat sama antibiotik selama 5 hari nonstop 3 kali sehari T.T Tapi yasudahlah, momen2 menegangkan itu udah lewat. Abis dikasih obat panas, suhunya normal lagi, Dan ini jadi pelajaran juga sih buat gue biar ga ngegampangin demam lagi dan mendewa2kan the power of ASI. Sampe sekarang penyebab panasnya belom tau. Soalnya selama dan setelah panas ga ada ruam apa-apa. Cuma demam aja gitu. Ya semoga ini cuma virus atau bakteri numpang lewat lah.

Imunisasi:

Bulan ke 4 ini jadwalnya dia dikasih Pediacel & Rotarix lagi. Jadwalnya mundur seminggu, nunggu anaknya sembuh total dari demam yang kemaren. As usual, pas disuntik pediacel cuma 'ngek' doang. Yang agak drama itu setelah vaksin rotarix. Kayaknya dosis rotarix yang kedua ini agak banyak, jadi 5 menit setelah ditetesin, ini anak aktif banget masukin jari ke mulut. Gumoh cukup banyak lah dia. Gue nanya ke susternya sih katanya ga apa2, karna vaksinnya udah ditelen. Pesennya jangan disusuin dalam waktu dekat aja. Jadi gue baru nyusuin lagi sejam after vaksin. Eh abis nyusuin, gumoh lagi dia *apa muntah ya*, yang jelas banyakkkkkkk bener sampe mesti ganti baju 2 kali T.T Soooo, gue gatau deh itu rotarixnya keluar juga apa engga.. Dan gue juga masih bingung whether minta vaksin ulang apa engga huhu.. Sorenya, gue bawa Gafie ngelayat mama temennya Chandra. Sempet dilarang mertua sih, katanya kasian kalo kena sawan. Karna ga ngerti, gue googling dah sawan itu apaan, ternyata itu katanya kondisi bayi diikutin makhluk halus dan bikin dia nangis2 sama demam gitu. Gue sih rasional aja, kalo ada bayi yang kayak gitu mungkin karna kecapekan atau kena virus di tempat ngelayat. Toh, ga semua bayi "kena sawan". Tapi tetep kok gue sama Chandra doa dulu biar tenang. Teruss malem setelah imunisasi dan ngelayat ini, Gafie sumeng2 gitu sampe 38,4 derajat. Untungnya ga sampe 38,5, soalnya gue udah siap-siap paracetamol kalo suhunya sampe segitu. Beberapa jam kemudian suhunya turun sih.. Emang sempet rewel dan Chandra percayanya itu sawan. Tapi kalo gue mah consider itu another KIPI effect ;)


Baiklahhhh, this is the end of the recap. Sepertinya ingetan gue masih lumayan bagus lah ya buat inget-inget perkembangan 0-4 bulannya Gafie.. Akhirnya selese juga ini postingan dalam 3 jam. Dann ga terasa anaknya udah tidur 3 jam.. Udah jam setengah 8 malem. Akkkkhh tidakkkk.. Harus segera dibangunin biar malem ini ga begadang hahaha... Well, see you again on March 18th. Semoga bisa tepat waktu buat bikin rekapan 5 bulannya Gafie :D